UNTUK INDONESIA
Penampakan Hiu Paus Terdampar Mati di Kulon Progo
Hiu paus terdampar dan mati di Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. Kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya. Berikut penampakannya.
Hiu paus yang terdampar di Kulon Progo (Foto: Dok SRI Wilayah V Glagah/Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Seekor hiu paus atau Rhincodon typus terdampar di kawasan Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kulon progo, Sabtu 19 September 2020 pagi. Saat ditemukan, hewan pemakan plakton ini sudah dalam kondisi mati. Kejadian serupa, sebelumnya pernah terjadi pada akhir Februari 2020, di kawasan Pantai Congot di Kulon Progo.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko mengatakan, terdamparnya hewan yang memiliki juga sering disebut geger lintang ini pertama kali ditemukan oleh pengunjung pantai, pada pukul 06.00 WIB.

Mendapati hal ini, kemudian pengunjung tersebut melaporkan ke pos jaga TNI Angkatan Laut dan Tim SAR Glagah. "Kami kemudian mendatangi lokasi," ucap Aris Widiatmoko, di Kulon Progo, Sabtu 19 September 2020.

Hiu Paus di Kulon Progo1Hiu paus yang terdampar di Kulon Progo (Foto: Dok SRI Wilayah V Glagah/Tagar/Harun Susanto)

Aris menjelaskan, bersama sejumlah warga, dan pihak lainnya, bangkai hiu tutul tersebut kemudian dibawa menjauh dari perairan. Tak lama berselang ikan dengan berat lebih dari 300 kilogram ini dikuburkan.

Setiap tahunnya populasi hiu ini mengalami penurunan.

Kepala Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Juwarti, mengatakan, berdasarkan pemeriksaan, biota laut tersebut diketahui memiliki panjang 5,9 meter, lebar mulut 1,4 meter, lebar kepala 1,7 meter dan berat lebih dari 300 kg. Sekarang ini, bangkai hiu ini telah dikuburkan di kawasan Pantai Congot.

Hiu Paus di Kulon Progo-2Hiu paus yang terdampar di Kulon Progo (Foto: Dok SRI Wilayah V Glagah/Tagar/Harun Susanto)

Juwarti menjelaskan, hiu paus ini merupakan hewan yang dilindungi dan terancam punah karena tingkat reproduksinya tergolong sangat rendah. Sehigga populasinya semakin sedikit. "Setiap tahunnya populasi hiu ini mengalami penurunan," ucapnya.

Dia menuturkan, pihaknya masih menyelidiki kematian hiu paus ini. Namun diduga hewan dilindungi itu mati karena tak kuat menahan gelombang laut selatan yang cukup besar dalam beberapa pekan terakhir. "Dugaannya akibat kondisi alam di mana gelombang laut selatan saat ini relatif besar," ucap Juwarti. []

Berita terkait
Hiu Paus Mati di Pantai Congot Kulon Progo
Hiu paus mati di pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. Balai Besar Veteriner Wates menyelidiki penyebab kematian hewan yang dilindungi ini.
Penyebab Hiu Paus Sering Terdampar di Kulon Progo
Akhir-akhir ini hiu paus sering terdampar di perairan Kulon Progo, Yogyakarta. Beberapa penyebabnya antara lain ekosistem di laut terganggu.
Hiu Paus Terdampar Lagi di Kulon Progo
Hiu Paus kembali terdampar di perairan Kulon Progo. Beruntung ikan besar itu bisa kembali ke laut. Beberapa hari sebelumnya terjadi hal serupa.
0
Taiwan Beli Alutsista AS Saat Ketegangan AS dan China
Di tengah-tengah ketegangan hubungan China dan AS, Taiwan membeli alutsista AS senilai 1 miliar dolar AS