Pemkot Tangerang Bentuk BLK Tampung Pengangguran

Pemkot Tangerang guna akan membentuk Balai Latihan Kerja (BLK) di tingkat kelurahan untuk mengurangi angka pengangguran.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Hermawan)

Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang guna mengatasi jumlah pengangguran akan membentuk Balai Latihan Kerja (BLK) di tingkat kelurahan. Upaya lanjutan pemkot untuk menanggulangi masalah pengangguran. Sebelumnya, sudah diadakan Virtual Job Fair dan pemberian modal kepada para pengusaha baru melalui program Tangerang Bisa.

"Kita sudah anggarkan di anggaran perubahan, rencananya kita mulai bulan Oktober nanti," ucap Kepala Bappeda, Sugiharto Achmad Bagdja beberappa waktu lalu.

Minimal satu kelurahan nanti harus melaksanakan lima pelatihan, dengan jumlah peserta masing-masing 20 peserta.

Sugiharto mengatakan, sebanyak 104 BLK tingkat kelurahan akan memberikan berbagai macam pelatihan mulai dari fotografi dan videografi, membuat vlog, content creator, perbengkelan, las, service elektronik, sablon, membatik, barista, packaging makanan serta berbagai keahlian lainnnya.

"Minimal satu kelurahan nanti harus melaksanakan lima pelatihan, dengan jumlah peserta masing-masing 20 peserta," ucap Sugiharto.

Diharapkan, kata Sugiharto, ada kurang lebih 12 ribu warga Kota Tangerang yang terlatih dengan berbagai keahlian. "Mereka bisa berwirausaha mandiri atau bekerja di tempat yang membutuhkan jasa mereka," ujarnya.

Sugiharto mengatakan, soal teknis pelatihan bisa online dan juga offline dengan menggunakan gedung kantor kelurahan.

"Pelaksanaannya pun akan dibina langsung oleh OPD terkait, seperti Disnaker, DisperindagUMKM, Dinas LH, dan DKP," ucapnya.

Berita terkait
Adukan Wali Kota Tangerang, KI Banten Belum Terima Laporan Truth
Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, Hilman, mengatakan belum menerima laporan sengketa yang dilaporkan Truth ke Polres Tangerang.
DPRD Kabupaten Tangerang Ketok Palu Perda APBD Perubahan
DPRD Kabupaten Tangerang ketok palu Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah APBD Perubahan Tahun 2020.
Transparansi Dana Covid-19 Kota Tangerang Hanya di Kulit Saja
Meskipun Pemkot Tangerang sudah berkoordinasi dengan BPKP dan BPK dalam hal anggaran Covid-19, tetap belum menyasar pada prinsip transparansi.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.