UNTUK INDONESIA
Pemkot Cirebon Akan Sediakan Jalur Khusus Sepeda
Jalur sepeda di enam kawasan Kota Cirebon akan mengarah ke tempat-tempat destinasi wisata, baik wisata kuliner, budaya, dan lain-lain
Kadis Perhubungan Kota Cirebon, Jabar, Andi Armawan saat mengecek jalur untuk sepeda (Foto: Tagar/Charles).

Cirebon - Ramainya warga pengguna sepeda membuat Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, segera mempersiapkan jalur sepeda di enam jalan kawasan tertib lalu lintas tepatnya di tengah Kota Cirebon. Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan, saat melakukan pengecekan jalur dengan menggunakan sepeda. Menurut Andi nantinya akan disiapkan jalur khusus untuk memfasilitasi masyarakat pecinta sepeda.

Menurut Andi, antusias masyarakat Kota Cirebon untuk bersepeda cukup tinggi. Dinas Perhubungan yang memiliki kewenangan dalam tupoksinya juga harus memberikan keselamatan pada transportasi supaya aman, nyaman dan bersih, maka Pemkot Cirebon merencanakan dalam pembuatan jalur khusus sepeda. "Hari ini saya mencoba berkeliling, ternyata yang dulu pernah ada rambu-rambu jalur sepeda kini sudah tertutup dengan pembangunan jalan yang baru," kata Andi, 23 September 2020.

Masih kata Andi, rencana pembuatan jalur sepeda ini masih dalam tahapan analisa mengingat jalan-jalan di Kota Cirebon tidak terlalu lebar. "Kami akan menganalisa terlebih dahulu untuk jalur sepeda, karena jalan di Kota Cirebon tidak terlalu besar. Artinya, kalau dibagi untuk sepeda akan memakan tempat," ujar mantan Kasat Pol PP Kota Cirebon ini.

Kedepan pihaknya akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pengguna sepeda, terlebih lagi saat ini terdapat aturan keselamatan bersepeda. "Sesuai peraturan menteri perhubungan nomor 59 tahun tahun 2020 yang isinya persyaratan teknis sepeda, tata cara bersepeda, dan fasilitas pendukung sepeda yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan medan di setiap daerah," kata Andi.

Dalam tahap awal, dijelaskan Andi, jalur sepeda nantinya akan diprioritaskan hanya untuk di enam ruas jalan Kawasan Tertib Lalu (KTL) seperti Jalan Pemuda, Sudarsono, Ciptomangunkusumo, Wahidin, Kartini dan Siliwangi.

"Prioritas di enam ruas jalan KTL, kemudian jalur itu akan kita arahkan ke tempat-tempat destinasi wisata, baik wisata kuliner, budaya, terutama wisata yang terkait dengan cagar budaya yang ada di Kota Cirebon. Dengan harapan, para goweser atau pecinta sepeda dari luar bisa datang dan menikmati suasana di Kota Cirebon," tutur Andi.

Andi menargetkan, pembangunan jalur sepeda bisa terealisasi secepatnya, karena jalur yang akan dilalui terdiri dari jalan Nasional, Provinsi, dan jalan Kota Cirebon. Sehingga, perlu adanya koordinasi dengan Kementerian dan juga Dishub Provinsi Jawa Barat.

"Target tahun 2021 jalur sepeda di Kota Cirebon sudah ada. Karena anggaran di tahun 2020 ini sudah terpangkas untuk penanganan pandemi, namun kami bersemangat untuk membangun jalur sepeda untuk masyarakat," kata Andi. []

Berita terkait
Di Cirebon Penjual Sepeda Bekas Untung Jutaan Rupiah
Seiring dengan pandemi banyak warga yang gemar gowes sepeda, harga kerangka sepeda bekas di Cirebon antara harga Rp 200 sampai Rp 500 ribu
0
China Ancam Pembalasan Atas Penjualan Senjata AS ke Taiwan
Pemerintah China mengancam akan melakukan pembalasan yang sah dan perlu atas penjualan sejumlah rudal AS kepada Taiwan