Pemkab Purwakarta Wujudkan Mal Pelayanan Publik

Pemkab Purwakarta, Jabar, membangun gedung sebagai mal pelayanan publik (MPP) sebagai wujud prioritas untuk melayanai publik
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, meninjau finishing pembangunan gedung MPP di Jalan Jendral Sudirman (Pasar Jumaah), 24 Agustus 2020 (Foto: purwakartakab.go.id).

Purwakarta - Pelayanan publik menjadi satu dari beberapa program prioritas Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Salah satu wujud dari program tersebut yaitu dengan membangun pusat layanan publik berupa mal pelayanan publik (MPP) yang juga dikenal sebagai pelayanan satu atap.

Menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, sejak tahun 2019 pihaknya sudah memulai pembangunan pusat pelayanan publik tersebut. Saat ini, progress pembangunannya sudah hampir 100%. Nantinya, di MPP, yang dibangun di sekitar Jalan Jendral Sudirman, Purwakarta, ditargetkan terdapat sedikitnya 100 jenis pelayanan. “Saat ini, pembangunannya sudah memasuki tahap akhir,” ujar Anne saat meninjau finishing pembangunan gedung MPP di Jalan Jendral Sudirman (Pasar Jumaah), 24 Agustus 2020.

Bupati Anne menjelaskan, memang seharusnya saat ini MPP tersebut sudah beroperasi. Karena, rencana awalnya bisa diresmikan pada Juli kemarin yang bertepatan dengan hari jadi Purwakarta. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, maka terjadi kemunduran waktu, baik dari sisi pengerjaan pembangunannya maupun operasionalnya. “InsyaAllah, kalau tidak ada halangan di akhir tahun ini MPP tersebut sudah bisa beroperasi,” kata Anne.

Anne mengaku, Pemkab Purwakarta punya misi untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan professional. Bahkan, misi tersebut, juga telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2018-2023. Adapun tata kelola pemerintahan yang dimaksud, salah satunya mencakup pelayanan publik. Termasuk membangun fasilitasnya. “Untuk optimalisasi tata kelola pemerintahan, itu lebih mencakup ke penyediaan pelayanan dasar publik,” ujar Bupati Anne.

Program ini, lanjut Bupati, merupakan salah satu bentuk ikhtiar pemerintah dalam hal memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan lainnya, tentu untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. “MPP merupakan pembaharuan sekaligus suatu langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi,” tambah Anne.

Anne kembali menambahkan bahwa pelayanan yang ada di MPP ini nantinya lebih banyak yang berkaitan dengan layanan pembuatan dokumen. Misalnya, pembuatan KTP, KK, perizinan dan dokumen penting lainnya. Jadi, pelayanan-pelayanan yang biasanya dilakukan di masing-masing dinas, kedepan cukup dilakukan di satu lokasi.

“Kami juga bekerjasama dengan lembaga vertikal. Dengan imigrasi misalnya. Jadi, nantinya masyarakat Purwakarta bisa membuat passport di lokasi ini. Di MPP ini layanannya juga terintegrasi antara pemerintah pusat, daerah bahkan swasta. Hal ini tentunya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat dan hemat waktu,” ujar Bupati Anne (purwakartakab.go.id).[]

Berita terkait
Bupati Purwakarta Kerahkan Kader PKK Bagikan Masker
Untuk melaksanakan instrusi presiden dan peraturan bupati, Bupati Anne, kerahkan kader PKK untuk bagikan masker ke warga di wilayah Purwakarta
Hari Kemerdekaan Momen Palayanan Warga Purwakarta
Bagi Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, beserta ASN sebagai abdi negara sebut momen kemerdekaan adalah berikan pelayanan istimewa bagi warga
Kabupaten Purwakarta Panutan Pemahaman Metrologi
Kabupaten Purwakarta, Jabar, jadi panutan dan percontohan pemahaman metrologi bagi ratusan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.