UNTUK INDONESIA
Pemilih Disabilitas untuk Pilkada Sumbar Capai 11 Ribu Lebih
Jumlah pemilih disabilitas di Sumatera Barat pada Pilkada 2020 mencapai 11.855 orang.
Ilustrasi Pilkada (Foto: Istimewa)

Padang - Sebanyak 11.855 pemilih disabilitas di Sumatera Barat (Sumbar) akan ikut menggunakan hak suaranya pada Pilkada 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memastikan akan memberikan kemudahan bagi pemilih berkebutuhan khusus tersebut.

Kami akan berikan fasilitas dan kemudahan agar teman-teman berkebutuhan khusus tidak kesulitan di TPS.

Dari data yang dihimpun, 11.855 pemilih disabilitas itu terdiri dari empat kategori, Pertama, disabilitas fisik sebanyak 5.057 orang, disabilitas intelektual 1.139 orang, disabilitas mental atau tunagrahita 2.794 orang dan disabilitas sensorik 2.865 orang.

Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani mengatakan, pemilih berkebutuhan khusus akan difasilitasi hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Mulai dari fasilitas memudahkan akses menuju bilik suara bagi pemilih yang menggunakan kursi roda, hingga pendampingan bagi pemilih yang tidak didampingi keluarga.

"Kami akan berikan fasilitas dan kemudahan agar teman-teman berkebutuhan khusus tidak kesulitan di TPS. Tapi yang difasilitasi hanya tunanetra saja, seperti template, surat suara braille, itupun bagi yang bisa membaca huruf braille," katanya, Senin, 19 Oktober 2020.

Sementara itu, untuk pemilih disabilitas lainnya, KPU tidak menyediakan fasilitas khusus. Namun, para petugas di TPS akan memberikan kemudahan jika pemilih disabilitas mengalami kesulitan. []


Berita terkait
Persiapan MTQ Nasional 2020 di Sumbar Rampung 90 Persen
Gubernur Sumatera Barat memastikan persiapan MTQ Nasional 2020 rampung 90 persen.
Seniman Sumbar Refleksikan Nilai Islam di MTQ Nasional 2020
16 kelompok seni pertunjukan dan film bakal meramaikan pra pembukaan MTQ Nasional ke-28 melalui karya video art bertajuk “Mantagi Jiwa Islami”.
Marah, Demonstran Sebut Gubernur Sumbar Anti Kritik
Mahasiswa menyebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno anti kritik.
0
Di Balik Dana Hibah dan Larung Bola di Parangkusumo Bantul
Geplak Bantul menggelar larung bola di Pantai Parangkusumo. Aksi ini sebagai syukuran uang Rp 11,6 miliar kembali ke kas Pemkab Bantul.