UNTUK INDONESIA

Pemain Akademi PSM Makassar Lolos Garuda Select III

Prestasi membanggakan dari 2 pemain Akademi PSM Makassar, Edgar Amping dan M Rafli. Mereka lolos seleksi Garuda Select III dan latihan di Inggris.
Pemain dari Akademi PSM Makassar, Edgar Amping (kiri) dan M Rafli (kanan) lolos seleksi Garuda Select III. Mereka akan berlatih di Inggris selama beberapa bulan. (Foto: Tagar/Instagram/akademipsmmakassar)

Makassar - Prestasi membanggakan diraih 2 pemain binaan Akademi PSM Makassar, yakni Edgar Amping dan M Rafli. Mereka lolos seleksi Garuda Select III dan mengikuti pemusatan latihan di Inggris. 

Edgar dan Rafli sesungguhnya sudah masuk Garuda Select II. Namun bukan berarti mereka mendapat kemudahan untuk mendapatkan tiket ke Inggris. 

Keduanya tetap harus mengikuti seleksi yang diadakan untuk mendapatkan pemain di Garuda Select III. Dari 26 pemain yang diseleksi, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor sejak 29 Oktober hingga 3 November 2020, akhirnya dipilih 21 pemain dari berbagai daerah, termasuk Edgar dan Rafli. 

Para pemain yunior yang menjadi binaan kami masih terus berlatih meski tidak ada kompetisi

Direktur Akademi PSM, Febrianto Wijaya merasa bangga dengan keberhasilan anak didiknya lolos seleksi Garuda Select III. Menurut dia prestasi pemain PSM U-16 ini menjadi penyemangat pengelola akademi untuk lebih giat mencari talenta dan mendidik mereka menjadi pesepak bola.

"Ini semacam suntikan penyemangat bagi kami sebagai pengurus Akademi PSM di Mamuju," kata Direktur Akademi PSM Makassar, Febrianto Wijaya, Jumat 13 November 2020.

Tak hanya itu, terpilihnya 2 pemain itu akan menjadi suntikan penyemangat bagi pemain lain yang merupakan binaan Akademi PSM. Menurut dia, mereka yang dibina bakal kian giat berlatih.

"Para pemain yunior yang menjadi binaan kami masih terus berlatih meski tidak ada kompetisi," ujar Febrianto

Hanya, dia menuturkan bila kondisi tahun 2020 memang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumya. Para pemain rutin bertanding karena banyak turnamen atau kompetisi. Kini kompetisi nyaris sepi atau tidak ada karena pandemi Covid-19. 

"Pada tahun 2019, misalnya, pemain muda bergairah mengikuti seleksi karena banyak kompetisi tingkat nasional," tutur dia.

Kompetisi Libur, Akademi PSM Tetap Bina Pemain

"Hadirnya kembali Garuda Select jilid III membuat pemain binaan kami makin bersemangat untuk tetap berlatih," katanya.Meski tidak ada kejelasan kompetisi, akademi tetap intens melakukan pembinaan. Para pemain tetap menjalani latihan dan mereka melakukan uji coba.

"Hadirnya kembali Garuda Select jilid III membuat pemain binaan kami makin bersemangat untuk tetap berlatih," katanya.

Febrianto menuturkan bahwa semangat pasukan Ramang muda harus tetap dijaga. 

"Kami pasti akan membuka langkah dan impian baru pemain muda berkarier di tingkat nasional maupun Eropa," kata Febrianto.

Pemain yang masuk Garuda Select III bakal berangkat ke Inggris menjalani pemusatan latihan. Mereka ditangani langsung direktur program tersebut, Dennis Wise, eks pemain Chelsea.

Baca juga: 

Suporter PSM Makassar Ini Kecewa Liga 1 Mundur Hingga 2021

Membanggakan, Remaja Penajam Paser Utara Ikut Garuda Select

Tujuan utama program Garuda Select sendiri bukan membentuk sebuah tim. Program ini untuk menanamkan profesionalisme pemain.

Dari program tersebut, mereka diharapkan bisa berkembang dalam dunia sepak bola profesional baik di dalam maupun di luar negeri. []

Berita terkait
Lima Pemain Akademi PSM Ikuti Seleksi Garuda Select III
Lima pemain akademi PSM Makassar di Mamuju mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Ini nama-namanya.
Lolos Garuda Select III, Pemain Muda PSS Sleman ke Inggris
Pemain muda PSS Sleman Hokky Caraka lolos seleksi dalam program Garuda Select III. Dirinya akan menjalani pemusatan latihan di Inggris.
PSSI Penajam Paser Utara Bangga Pemain Lolos Garuda Select
Remaja dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Ibnul Mubarak, lolos seleksi Garuda Select III. Prestasi itu membanggakan Asprov Kaltim dan Askab PPU.
0
Pemain Akademi PSM Makassar Lolos Garuda Select III
Prestasi membanggakan dari 2 pemain Akademi PSM Makassar, Edgar Amping dan M Rafli. Mereka lolos seleksi Garuda Select III dan latihan di Inggris.