Pelatih PSIM Yogyakarta: PSSI Bingung Status Kompetisi

PSSI memutuskan kelanjutan kompetisi sepak bola di Tanah Air musim 2020 digelar tahun 2021. Pelatih PSIM Seto Nurdiyantoro menilai PSSI bingung.
Tim PSIM Yogyakarta usai menjalani latihan terakhir di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Jumat, 23 Oktober 2020, sebelum tim diliburkan hingga batas waktu belum ditentukan. (Foto: Tagar/PSIM Yogyakarta)

Yogyakarta - PSSI memutuskan kelanjutan kompetisi sepak bola di Tanah Air baik Liga 1, 2, dan 3 musim 2020 dilaksanakan awal tahun 2021. Pelatih PSIM Yogyakarta Seto Nurdiyantoro menilai PSSI kebingungan dan galau menentukan nasib kompetisi yang vakum sejak akhir Maret 2020.

Keputusan PSSI menggelar kompetisi sepak bola tahun 2020 di tahun 2021 justru menunjukkan bila federasi kebingungan. Menurut Seto seharusnya PSSI berani bersikap menyatakan kompetisi tahun 2020 memang ditiadakan.

"Kompetisi tahun 2020 tetapi dilaksanakan tahun 2021. Bagaimana ini bisa terjadi. Saya hanya berpikir yang pasti saja," kata Seto di Yogyakarta, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Ini tidak hanya membingungkan manajemen, terutama dari segi finansial. Dari sisi teknis, kami harus berulang kali menyusun program

"Bila [kompetisi musim 2020] selesai, seharusnya dikatakan selesai saja. Selanjutnya menatap kompetisi untuk tahun 2021," ujar dia lagi. 

Kebingungan PSSI, kata Seto, terlihat dengan tidak cepatnya federasi menentukan nasib kompetisi.

"Ini tidak hanya membingungkan manajemen, terutama dari segi finansial. Dari sisi teknis, kami harus berulang kali menyusun program," tutur mantan pelatih PSS Sleman itu.

Seto menilai lebih baik kompetisi musim 2020 ini dianggap selesai atau ditiadakan karena Liga 2 belum dimulai. Sedangkan Liga 1 Indonesia baru menyelesaikan 3 pertandingan. Ini lebih baik daripada menunda liga hingga tahun 2021, namun tetap memakai titel Liga 2 2020. 

"Saya juga belum tahu pasti apakah liga digulirkan pada Februari 2021 sudah menjadi keputusan final atau belum juga masih samar. Saya hanya berpikir kompetisi tahun ini selesai," ujar Seto.

Baca juga: 

PSIM Yogyakarta Tampung Mantan Pemain Persis Solo

Plus Minus Penundaan Liga 2 Versi Bos PSIM Yogyakarta

Sebelumnya PSSI menyatakan tidak menggelar Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 musim 2020 di tahun ini. Namun liga dilaksanakan tahun depan. Hal ini didasarkan rapat Komite Eksekutif pertengahan pekan ini.

Hanya tidak disebutkan kompetisi akan digelar bulan Januari, Februari atau Maret 2021. PSIM sendiri sudah meliburkan tim setelah menjalani latihan hampir dua bulan terakhir. []

Berita terkait
Liga 2 Kian Tak Pasti, PSIM Yogyakarta Liburkan Tim
Tidak jelasnya kompetisi Liga 2 2020 menjadikan PSIM Yogyakarta menyerah. Klub Liga 2 ini meliburkan tim sampai batas waktu tak ditentukan.
Liga 2 Tak Pasti, PSIM Yogyakarta Tunggu Jawaban PSSI
Nasib kompetisi di Tanah Air masih tak jelas meski sudah ada kesepakatan di Extraordinary Club Meeting. PSIM Yogyakarta tunggu jawaban dari PSSI.
Eks Kapten Persis Solo Ini Terus Dipantau Pelatih PSIM
Mantan bek Persis Solo Jodi Kustiawan membidik kesempatan menembus skuat PSIM Yogyakarta. Namun dia masih dipantau pelatih Seto Nurdiyantoro.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar