Pecahkan Rekor! Atlet Renang Putra DKI Raih Medali Emas

Gagarin Nathaniel Yus Atlet Perenang DKI Jakarta pecahkan rekor dengan gaya dada sejauh 200 meter ia berhasil meraih medali emas di PON XX Papua.
Atlet Renang DKI Jakarta Gagarin Nathaniel Yus Setelah Meraih Rekor Nasional di PON XX Papua (Foto: Tagar/ponpapuafoto)

Jakarta – Gagarin Nathaniel Yus Atlet Perenang DKI Jakarta pecahkan rekor dengan gaya dada sejauh 200 meter. Gagarin berhasil meraih medali emas di PON XX Papua. Ia juga pernah memegang rekor nasional dengan nomor yang sama dalam waktu 2 menit 15.36 detik.

Pada babak final PON XX Papua, Gagarin berhasil dengan catatan waktu 2 menit 17.81 detik yang berlangsung di kolam Aquatik, Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada Minggu, 10 Oktober 2021.

Dan pemegang medali perak yang berhasil finish kedua setelah Gagarin adalah Jawa Timur yang diwakilkan oleh Andi Muhammad Nurrizka dengan catatan waktu 2 menit 18.11 detik. Lalu disusul dengan berhasil finish ketiga dengan Pande Made Iron Digjaya dengan catatan waktu 2 menit 20.82 detik.


Jujur ini bukan nomor saya untuk ditargetkan menang memang secara rekor nasional milik saya namun dari data base performa saya sudah tidak seperti dulu.


Gagarin mengatakan bahwa ini adalah tampil perdananya di ajang PON XX Papua dan tidak menyangka akan mencetak rekor nasional dan memenangkan medali emas. Dia menargetkan akan meraih kemenangan di nomor 50 atau 100 meter.

“Jujur ini bukan nomor saya untuk ditargetkan menang, memang secara rekor nasional milik saya, namun dari data base performa saya sudah tidak seperti dulu. Karena sebenarnya saya lebih ditargetkan untuk meraih emas di nomor 50 dan 100 meter,” ujar Gagarin Nathaniel Yus saat diwawancarai setelah bertanding pada Minggu, 10 Oktober 2021.

Gagarin pernah gagal mempertahankan emas dalam SEA Games 2019 di New Clark Aquatic Centre, Capas, Filipina dengan menempati posisi berhasil finish ketujuh dengan catatan waktu 1 menit 2,73 detik. Gagarin yang pada saat itu menjadi gacoan utama pada hari pertama cabang olahraga renang kejuaraan dua tahunan tersebut.

Pada SEA Games 2017, Gagarin berhasil menyumbang emas ketiga Indonesia di National Aquatic Centre, Kuala Lumpur. Berhasil finish dengan catatan waktu 1 menit 01,76 detik. 

Selain itu, final renang gaya dada putri 200 meter, di raih oleh perenang Jawa Timur, Ressa Kania Dewi dengan catatan waktu 2 menit 33.97 detik.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Sepak Bola Putra PON XX Masuki Babak 6 Besar
Setelah babak enam besar pertama pada 6 Oktober lalu yang mempertemukan Aceh vs Papua dan Kalimantan Timur vs Jawa Barat. Simak ulasannya.
Deretan Atlet Pencetak Rekor di PON XX Papua 2021
Sejak memulai rangkaian pertandingan di PON XX Papua 2021 tercatat sudah 8 atlet yang berhasil memecahkan rekor baru selama pertandingan.
Tim Putra DKI Jakarta Melaju ke Babak Final Basket PON XX
Tim Putra DKI Jakarta berhasil melaju ke babak final basket PON setelah menyudahi perlawanan Jawa Timur dengan skor 78-70. Berikut ulasannya.
0
Pecahkan Rekor! Atlet Renang Putra DKI Raih Medali Emas
Gagarin Nathaniel Yus Atlet Perenang DKI Jakarta pecahkan rekor dengan gaya dada sejauh 200 meter ia berhasil meraih medali emas di PON XX Papua.