UNTUK INDONESIA
PDIP Gerindra Vs NasDem PKS Sinyal Politik Pilpres 2024
PAN melihat keakraban PDIP dengan Gerindra dan rencana Partai NasDem akan bersilaturahim dengan PKS sinyal politik Pilpres 2024.
Warga memakai topeng bergambar peserta Pilpres 2019, Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) saat aksi Rukun Agawe Santoso pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Solo, Jawa Tengah, Minggu, 13 Oktober 2019. (Foto: Antara/Maulana Surya/hp)

Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan melihat keakraban PDIP dengan Gerindra dan rencana Partai NasDem akan bersilaturahim dengan PKS, menjadi sinyal politik untuk Pemilihan Presiden (Pilpres 2024).

Jangan baper (bawa perasaan), karena politik itu cepat berubah.

"Kita lihat sudah akrab PDIP dengan Gerinda ya, apalagi NasDem mau silaturahim dengan PKS, itu tanda-tanda tuh," kata Zulkifli Hasan di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019, seperti diberitakan Antara.

Namun Zulkifli tak menjawab ketika ada pertanyaan tentang arah politik PAN pada Pilpres 2024, apakah memilih salah satu poros atau mulai menjalin komunikasi dengan salah satu parpol pemenang Pemilu 2019.

"Udah itu aja dulu," ucap dia singkat.

Pada Pemilu Presiden di 2024, Zulkifli Hasan mengajak masyarakat tidak larut masuk dalam pertarungan politik dan akhirnya terbelah menjadi kubu-kubu.

"Jangan baper (bawa perasaan), karena politik itu cepat berubah," ujarnya.

Perubahan peta politik tersebut lumrah terjadi karena politik menjadi sarana untuk mencapai tujuan, tentu semuanya dipertimbangkan sesuai dengan kepentingan masing-masing partai politik.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu menyikapi politik sampai melibatkan sisi emosi, ketika pemilu selesai seharusnya semuanya ikut selesai dan masyarakat kembali bersatu membangun bangsa.

"Saya mengatakan dukung saja pemerintah. Semua sudah dilalui, Pilpres sudah, MK sudah. Sekarang mari kita dukung untuk bekerja, tapi kalau nanti ada yang tidak pas, barulah kita kritik kasih masukan," ucapnya. []

Berita terkait
Gerindra Sebut Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Amien Rais telah merestui Prabowo Subianto menjadi Menhan.
Sikap Pribadi FX Hadi Rudyatmo Jika Gibran Diusung PDIP
Rudy mengaku akan memiliki keputusan sendiri jika nantinya Gibran mendapat surat rekomendasi dari DPP.
Tak Setegas PKS, PAN Tetap Ingin Gabung Koalisi Jokowi?
PKS tegas mengatakan kepada publik tetap menjadi oposisi pemerintahan. Namun, bagaimana dengan PAN apakah tetap ingin berkoalisi dengan Jokowi?
0
Sketsa Wajah Pelaku Penyiraman Air Keras
Polda Metro Jaya telah menyebar sketsa wajah seorang pria yang diduga sebagai pelaku penyiraman cairan kimia terhadap dua pelajar SMPN 229 Jakarta.