UNTUK INDONESIA
Pawai Obor Berlangsung Hikmat di Bantaeng
Pawai obor jelang hari raya 17 Agustus 2019 di Bantaeng berlangsung hikmat.
tampak nyala obor yang diarak ratusan peserta pawai, Jumat malam. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Pawai Obor warnai malam jelang puncak peringatan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia di kabupaten Bantaeng, Jumat 16 Agustus 2019 malam.

Diawali dengan taptu di halaman rumah jabatan Kapolres Bantaeng, yang berlokasi di jalan Kartini kelurahan Pallantikang, kecamatan Bantaeng kabupaten Bantaeng.

Kapolres Bantaeng, AKBP Adip Rojikan bertindak selaku inspektur upacara. Dalam upacara persiapan pawai malam tersebut turut hadir Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin, Dandim 1410 Bantaeng, Nanang Siswoko, Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng, Johan Iswahyudi dan Kepala Pengadilan Negeri Bantaeng, Ujang Irfan Hadiana.

Pada saat memberikan sambutan, Adip mengatakan, pelaksanaan taptu sarat akan makna untuk mengenang para pahlawan. Sedangkan nyala obor adalah pelambang sebuah cahaya semangat.

"dalam taptu ini kita bisa mengingat kembali bagaimana proses perjuangan untuk menumbuh kembangkan rasa patriotisme dengan kobaran api semangat," katanya saat dihubungi Tagar.

Setelah upacara, ratusan rombongan pawai yang terdiri dari kalangan PNS, non PNS, TNI dan POLRI sekabupaten Bantaeng berjalan mengarak obor sejauh 1,2 kilometer.

Melewati rute depan rumah jabatan Kapolres yaitu jalan Kartini menuju jalan Raya Lanto lalu ke jalan Nangka kemudian ke jalan Manggis dan kembali ke jalan Kartini.

Dalam kesempatan itu pula, Adip mengatakan bahwa momentum setiap tahun ini diharapkan mampu memberikan sebuah pemahaman arti sebuah perjuangan khususnha bagi generasi muda agar tidak melupakan jasa para pahlawan di masa lalu.

"kepada generasi muda diharapkan mampu menghargai arti perjuangan dan menjadi api semangat untuk bisa berinovasi dan berpartisipasi mengisi pembangunan," tutupnya.

Pawai Obor mulai berjalan sekitar pukul 08.00 malam dan berlangsung dengan hikmad, tertib dan teratur. []

Baca juga:

Berita terkait
Heboh, Waria di Bantaeng Ikut Gerak Jalan Indah
Menjelang HUT ke-74 Kemerdekaan RI, semakin marak pula bentuk aksi warga dalam menyambut hari bersejarah tersebut.
Geladi Bersih Paskibraka di Pantai Seruni Bantaeng
Paskibraka kabupaten Bantaeng melakukan geladi bersih, Jumat, 16 Agustus 2019.
Polres Bantaeng Ringkus Empat Pelaku Pembunuhan
Polres Bantaeng akhirnya meringkus empat dari enam pelaku pembunuhan di Pantai Seruni pada Minggu malam, 14 Juli 2019 lalu
0
Waspada Calo CPNS di Jawa Barat
BKD Jawa Barat mengimbau kepada para calon pendaftar CPNS agar menghindari para calo yang menjanjikan lolos CPNS 2019.