UNTUK INDONESIA
Paskah, Bupati Samosir Minta Perantau Jangan Pulang
Bupati Samosir meminta para perantau tidak pulang merayakan paskah, demi mencegah penularan Covid-19.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Samosir - Bupati Samosir Rapidin Simbolon meminta para perantau dari luar Samosir tidak pulang merayakan paskah, demi mencegah penularan Covid-19.

Hal ini disampaikan Rapidin di sela peletakan batu pertama pembangunan asrama RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan pada Rabu, 8 April 2020.

Kita menjaga Samosir supaya jangan masuk zona merah, untuk meghindari penularan Covid-19 ini

"Kami mohon saudara-saudara para perantau tidak usah dulu pulang. Kami mohon dengan segala hormat supaya kita semua merasa nyaman dan percaya diri," ujar Rapidin.

Menurutnya, untuk ziarah paskah atau perenungan wafatnya Isa Almasih pada Jumat Agung diharapkan para anak rantau bisa melaksanakannya di tempat masing-masing.

"Karena saat ini kita menjaga Samosir supaya jangan masuk zona merah, untuk meghindari penularan Covid-19 ini," katanya.

Menyikapi pencegahan penularan Covid-19, gugus tugas terus melakukan pelarangan kepada warga yang datang ke Samosir tanpa tujuan yang jelas.

Pada Sabtu, 4 April 2020 lalu bahkan petugas menyuruh pulang puluhan orang dari Pelabuhan Tomok, Simanindo yang hendak ke Samosir dengan tujuan berwisata.

"Kejadiannya pukul 16.00 WIB. Ada dua rombongan dari luar daerah Samosir datang melalui jalur danau Ajibata-Tomok, yaitu rombongan anak muda dari Kisaran dan Pematangsiantar dengan tujuan yang tidak jelas," ujar Rapidin saat itu.

Rombongan berjumlah 21 orang ini dicegat petugas gugus tugas dan aparat keamanan dari pintu masuk Pelabuhan Ajibata-Tomok

"Karena alasan yang tidak jelas, aparat keamanan terpaksa harus memulangkan mereka demi menjaga Samosir agar tetap aman dari Covid-19," terang Rapidin.

Kepala Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Samosir Inspektur Polisi Satu M Syafii membenarkan pemulangan puluhan rombongan anak muda tersebut.

"Berdasarkan keterangan anggota dan atas koordinasi Pak Bupati Samosir yang kebetulan ada di sana meminta kami dari polisi dan TNI untuk memulangkan puluhan orang tersebut," ujar Syafii.[]

Berita terkait
Cegah Corona Puluhan Orang Dilarang Masuk ke Samosir
Puluhan orang yang baru tiba di Kabupaten Samosir, dipulangkan dari Pelabuhan Tomok, Simanindo.
Ephorus HKBP Minta Ibadah Paskah Dilakukan di Rumah
Ephorus mengatakan Peringatan Jumat Agung, Pesta Paskah I, dan Pesta Paskah II ibadah sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing.
Covid-19, Jemaat Vatikan Ibadah Paskah via Internet
Demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), ibadah "Pekan Suci" dan Paskah yang dipimpin Paus Fransiskus kali ini tidak akan dihadiri jemaat.
0
Akibat Penunggu Pasien Tak Jujur di RSUP Sardjito
Akibat penunggu pasien di RSUP Sardjito Yogyakarta tidak jujur, akibatnya 53 tenaga medis harus menjalani tes swab.