UNTUK INDONESIA
Ephorus HKBP Minta Ibadah Paskah Dilakukan di Rumah
Ephorus mengatakan Peringatan Jumat Agung, Pesta Paskah I, dan Pesta Paskah II ibadah sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing.
Ephorus HKBP saat ini Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. (Foto: Tagar/Jumpa Manullang)

Tarutung - Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam surat parmahanion (surat pastoral) yang keempat, Jumat, 3 April 2020, mengatakan ibadah Peringatan Jumat Agung, Pesta Paskah I, dan Pesta Paskah II sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing.

Dalam bagian pengantar surat pastoral tersebut, Pdt. Darwin mengatakan sesuai dengan penetapan yang dilakukan pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Corona mengenai Status Darurat Kesehatan Nasional dan Pembatasan Sosial Berskala Besar maka HKBP melakukan langkah untuk meminta seluruh jemaat untuk melakukan ibadah di rumah masing-masing.

Ephorus juga meminta agar ibadah passion yang biasanya dilakukan menjelang Jumat Agung juga sebaiknya dilakukan di rumah. Untuk ibadah buha-buha ijuk (ibadah subuh) yang biasanya dilakukan pada Hari Paskah, Dr. Darwin juga meminta dilakukan di rumah.

Dalam surat pastoral tersebut, ephorus mengatakan, khusus Peringatan Jumat Agung, pukul 15.00 lonceng di setiap Gereja HKBP akan tetap dibunyikan. "Untuk mengingatkan kita akan kematian Tuhan Yesus yang telah menebus kita dari dosa," kata Dr. Darwin dalam surat pastoral tersebut.

Sementara untuk perjamuan kudus yang biasa dilakukan setiap Jumat Agung atau Paskah, Ephorus mengatakan HKBP akan membuat satu hari khusus menunggu pandemi corona ini berlalu.

Dalam bagian penutup, ephorus meminta jemaat HKBP tetap dalam pengharapan bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan umatnya dan Tuhan akan tetap menolong kita melewati masa-masa sulit ini. []

HKBPSurat pastoral Ephorus HKBP

HKBPSurat pastoral Ephorus HKBP



 

Berita terkait
Jansen Minta HKBP Bergerak Tangani Virus Babi Sumut
Politisi Demokrat Jansen Sitindaon angkat bicara terkait flu babi yang ada Sumatera Utara. Dia meminta agar HKBP minta bantuan dokter dari Jerman.
Makan Daging Babi, 82 Jemaat HKBP Langkat Keracunan
Sebanyak 82 warga jemaat gereja HKBP di Langkat keracunan makanan pasca mengkonsumsi daging babi.
Jubir GKI Yasmin-HKBP Minta Jokowi Buka Mata Hati
Jubir Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Bogor-Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia Bekasi, Jayadi Damanik bersuara pada Jokowi.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.