UNTUK INDONESIA
Pasir Lang, Wisata Alam Bernilai Edukasi di Jabar
Pasir Lang-Lang Panyawangan, wisata alam bernilai edukasi di Jawa Barat.
Pasir Lang-lang Panyawangan, wisata alam bernilai edukasi di Jawa Barat. (Foto: Tagar/Perhutani)

Bandung - Jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan? Mumet dengan kerjaan setiap harinya? Itu hal yang sangat lumrah bagi kalian para pekerja khususnya para pekerja di kota-kota besar dengan tingkat stresing yang tinggi.

Bahayaka bagi diri kita? jelas sangat berbahaya jika di biarkan begitu saja tingkat stres yang tinggi mengendap di tubuh kita, banyak hal yang akan berdampak atas tingkat stres kita yang tinggi diantaranya ketidak maksimalan kinerja saat bekerja, jika tidak bisa maksimal dalam bekerja, keluargalah yang akan menjadi korban jika kinerja kita buruk di mata atasan.

Berlibur adalah solusi yang amat sangat tepat bagi kalian yang merasa sudah jenuh dengan masalah kerjaan, ataupun permasalahan lainnya.

Timbul lagi pertanyaan kemana kita harus berlibur sedangkan kondisi saat ini, terkadang berlibur hanya akan menambah beban pikiran dan menguras tenaga kita saja, pasalnya perjalanan menuju lokasi berlibur yang ingin kita tuju saat ini benar-benar mengerikan, macet dimana-mana biaya wisata yang mahal juga menjadi pertimbangan.

Air TerjunPasir Lang-lang Panyawangan, wisata alam bernilai edukasi di Jawa Barat. (Foto: Tagar/Perhutani)

Jika kalian mendengar kata Bandung pasti kalian berfikir bahwa itulah kota tujuan wisata kalian, semua wahana liburan ada di kota Bandung, dari mulai wahana bermain, wahana alam, hingga wisata belanja semua ada di kota Bandung, namun sayang, saat ini kemacetan di kota Bandung menjadi permasalahan yang tak kunjung ada penyelesaiannya.

Kita siap bersinegi dengan pemerintah, dengan adanya pengembangan wisata di Pasir Langlang Panyawangan.

Tak sedikit wisatawan yang mengeluhkan dengan kondisi kota Bandung saat ini, khususnya permaslahan kemacetan bahkan bukan hanya para wisatawan, masyarakat Bandung juga mengeluhkan dengan kondisi Bandung saat ini.

Lalu kemana kita harus berlibur untuk menyegarkan diri sebelum akhirnya menjalankan rutinitas kembali? Pasir Langlang Panyawangan salah satu pilihan wisata yang tepat bagi kalian yang ditawarkan Pemprov Jawa Barat yang bekerjasama dengan Perhutani.

Lokasi wisatanya berada di kawasan Purwakarta Jawa Barat yang tidak terlalu jauh jaraknya dari kota Bandung, bahka jika kalian dari arah Jakarta, Purwakarta berjarak lebih dekat dengan kota Bandung menjadi pilihan wisata yang harus di pertimbangkan oleh kalian yang akan berwisata.

Di wanawisata Pasir Langlang Panyawangan, kita ditawarkan paket liburan yang menyenangkan namun dengan biaya yang amat sangat terjangkau, hal itu juga di benarkan oleh pihak perhutani Jawa Barat.

"Kita siap bersinegi dengan pemerintah, dengan adanya pengembangan wisata di Pasir Langlang Panyawangan di wilayah Purwakarta yang kita bisa melakukan kegiatan seperti melihat keindahan alam waduk cirata dari ketinggian," Terangnya

Selain itu, wisata hiking dan downhils bagi para pecinta sepeda gunung akan sangat menyenangkan jika memilih berlibur di sana, setelah merasa lelah menjalankan kegiatan alam bebas, kalian bisa langsung mandi dan menikmati jernihnya air terjun atau curug yang ada disana dengan kesegaran air pegunungan asli yang akan memulihkan kesegaran dan stamina kalian.

Untuk menambah wawasan sejarah kita tentang bangsa Indonesia, kurang afdol rasanya jika belum mengunjungi goa Jepang yang ada disana.

GoaGoa peninggalan Jepang. (Foto: Tagar/Perhutani)

"juga bisa beraktifitas hiking, downhils dan menikmati air terjun yang ada disana serta melihat sejarah peninggalan jaman Jepang berupa goa, dengan balutan udara di perhutanan yang amat sejuk," ujar Komarudin Administratur Perhutani Bandung utara.

Mengenal bagaimana kehidupan di desa, menjaga lingkungan, banyak pelajaran yang bisa diambil bagi para pengunjung tentang desa.

Di sana juga kita ditawarkan wisata bernilai edukasi seperti mengenal kehidupan masyarakat di pedesaan, belajar menjaga lingkungan dari cara hidup orang-orang di pedesaan, bukan hanya kita, tapi ini juga wisata edukasi yang bisa ditularkan bagi keluarga khususnya anak-anak kita agar lebih bisa menghargai lingkungan.

"Mengenal bagaimana kehidupan di desa, menjaga lingkungan, banyak pelajaran yang bisa diambil bagi para pengunjung tentang desa dan kehidupannya itu yang ingin kita tonjolkan. Manusia lahir dari alam ada baiknya manusia kembali lagi ke alam," Jelas Komarudin selaku ADM Bandung Utara.

Jika kalian tertarik untuk berwisata alam di Pasir Langlang Purwakarta, anda tak perlu mengelurkan kocek liburan yang terlalu dalam, cukup dengan membayar tiket masuk seharga 5000 rupiah anda sudah bisa menikmati kesejukan alam bebas dan 10 ribu rupiah untuk bisa menginap dengan suasana berkemah.

Tak perlu hawatir huga, jika kalian tidak memiliki pengalaman atau peralatan berkemah , disana telah tersedia pemandu dan penyedia penyewaan alat-alat berkemah yang bisa kalian sewa.

Untuk mencapai Pasir Langlang,di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwa, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Jalan Kapten Halim Purwakarta menuju Wanayasa. Anda akan melewati pasar setempat hingga sampai ke gapura Desa Pusaka Mulya di Kiarapedes. []

Baca juga:

Berita terkait
Thoriqoh Kritik Kinerja BUMD Jawa Barat
Kinerja BUMD Jawa Barat jadi sorotan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah. Deviden tidak sebanding dengan modal yang digelontor pemerintah
Lima Destinasi Pilihan Wisata Alam di Jawa Barat
Ada beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang masih diketahui sedikit orang. Bisa menjadi pilihan saat berlibur bersama keluarga atau teman.
98 Warga Jawa Barat di Wamena Dipulangkan
Sebanyak 98 warga migran asal Jawa Barat yang selama ini mengadu nasib di Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua, dipulangkan.
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.