UNTUK INDONESIA
Pasien Positif Covid-19 Bantaeng Sembuh
Pasien 001 positif corona Bantaeng, Sulawesi Selatan akhirnya pulang kampung usai dinyatakan sembuh
Penjemputan pasien positif Covid-19 Bantaeng setelah dinyatakan sembuh (Foto: Tagar/Humas Bantaeng))

Bantaeng - Pasien 001 positif Corona Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya pulang kampung usai dinyatakan sembuh dan telah menjalani serangkaian perawatan medis selama masa karantina di Makassar.

Pasien positif terkonfirmasi secara nasional nomor 12.095 itu dijemput oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantaeng. Dia pun diterima keluarganya di perbatasan Jeneponto-Bantaeng.

Sekarang pasien telah dinyatakan sehat. Dia sudah bisa beraktivitas seperti biasa kembali.

Pasien tersebut menjalani perawatan medis lebih dari sebulan di Makassar. Setelah melalui proses swab berkali-kali, pasien yang juga merupakan santri dari salah satu pesantren yang ada di Magetan, Jawa Timur ini akhirnya dinyatakan sembuh.

Juru bicara (Jubir) tim gugus penanganan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, pasien tersebut sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Perawatan medis yang dilakukan selama ini berhasil menyembuhkannya dari wabah Corona.

"Sekarang pasien telah dinyatakan sehat. Dia sudah bisa beraktivitas seperti biasa kembali," kata Jubir Andi Ihsan.

Sejak kali pertama mengetahui adanya pasien positif di Bantaeng, kata dia, tim gugus tugas Bantaeng bergerak cepat melakukan tracking kontak dengan semua orang yang terkait dengan pasien tersebut. Dari tracking kontak itu, setidaknya ada 119 orang yang dilaporkan pernah melakukan kontak dengan pasien positif itu.

Namun dari pemeriksaan terhadap tracking kontak yang pernah dilakukan, kesemuanya tidak ada yang dinyatakan reaktif Corona.

"Semua yang pernah kontak dengan yang bersangkutan dinyatakan tidak ada yang reaktif," kata dia.

Andi Ihsan menambahkan setelah pasien tersebut dinyatakan sembuh, maka Kabupaten Bantaeng bebas dari kasus positif Corona. Kendati begitu, ia tetap meminta kepada seluruh maayarakat di daerah bertajuk Bumi Butta Toa ini agar mematuhi anjuran pemerintah demi menjaga dan pertahankan situasi saat ini.

"Tetap menjaga kesehatan, menjaga imunitas dan anjuran pemerintah," sebut Andi Ihsan.

Baginya Gugus tugas penanganan Covid-19 Bantaeng akan tetap melakukan sosialisasi kepada warga Bantaeng mengenai langkah dan upaya pencegahan dari wabah virus itu. Utamanya di ruang-ruang publik, gugus tugas bakal gencar mendatangi lokasi tersebut untuk memastikan warga Bantaeng tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang ada.

"Sosialisasi dan anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan akan terus kami lakukan. Kami berharap, ini adalah kasus terakhir yang positif Corona di Bantaeng," kata dia. []

Berita terkait
43 Personel Kodim Bantaeng Non-reaktif Rapid Test
Sebanyak 43 personel Kodim 1410 Bantaeng, dinyatakan non reaktif setelah menjalani pemeriksaan rapid test Covid-19.
RS Bantaeng Investigasi Dugaan Malapraktik Dokternya
RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng tengah melakukan investigasi dan verifikasi terkait dugaan malapraktik yang dilakukan dokternya.
Korban Malapraktik RSUD di Bantaeng Lapor Polisi
Seorang perempuan berinisial NU, 36 tahun, melapor ke polisi lantaran menjadi korban malapraktik salah satu dokter kandungan di Bantaeng.
0
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.