UNTUK INDONESIA
Pasca-Eksodus, Wiranto Lepas Pengungsi Balik ke Wamena
Menkopolhukam Wiranto melepas 107 pengungsi kembali ke Wamena setelah eksodus besar akibat kerusuhan terjadi di wilayah Papua tersebut.
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto (kanan), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) saat memberikan imbauan kepada masyarakat pengungsi di Lanud Silaspapare untuk kembali ke Wamena. (Foto: Antara)

Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melepas 107 pengungsi kembali ke Wamena setelah eksodus besar akibat kerusuhan terjadi di wilayah Papua tersebut.

Pengungsi yang ditampung di gedung Megantara, Makassar, Sulawesi Selatan itu diterbangkan menggunakan pesawat hercules TNI-AU kembali ke Wamena pada Rabu 9 Oktober 2019. Pesawat itu bernomor penerbangan A-1336.

Sebelumnya Wiranto meninjau pengungsi Wamena di gedung Megantara yang saat ini menampung sekitar 150 orang. Turut serta jugaPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala Badan Cyber Nasional Letjen TNI (purn) Hinsa Siburian.

Wiranto ditengah-tengah anak-anak pengungsi sesaat sebelum diterbangkan menanyakan apa cita-cita mereka.

"Siapa yang ingin jadi tentara," tanya Wiranto yang disambut dengan acungan tangan seakan menyatakan ingin menjadi anggota TNI.

Beberapa pengungsi menyampaikan terima kasihnya kepada Panglima TNI yang membantu memulangkan mereka kembali. "Terima kasih bapak sudah membantu kami yang akan pulang guna menghilangkan trauma" tuturnya.

Berita terkait
Pelaku Ujaran Kebencian Kapolda Papua, Pakai Akun Palsu
Pelaku ujaran kebencian kepada Kapolda Papua, ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Manokwari.
PUPR Gandeng TNI Bangun Kembali Wamena Papua
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya menggandeng TNI guna membangun kembali infrastruktur yang dirusak di Wamena.
Tersangka Rusuh Wamena Bertambah, 3 Orang Provokator
Kepolisian Resor Jayawijaya menetapkan enam tersangka baru atas kerusuhan yang terjadi di Wamena.
0
Wah, Ada Barongsai dan Liong di Candi Borobudur
Candi Borobudur memiliki cara yang berbeda dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, berikut ulasan kemeriahannya.