Pasar Potensial, Telkomsel Perkuat Segmen Milenial

Telkom konsisten memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan terus menjadi pemimpin pasar.
Bangunan Balei Merah Putih, milik PT Telkom Kota Pematangsiantar. Dulunya terdapat Masjid Al Jihad sebelum pembangunan Balai Merah Putih 2018 lalu. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) konsisten memberikan layanan terbaik bagi konsumennya dan terus menjadi pemimpin pasar. “Kemampuan Telkomsel dan IndiHome dalam memimpin pasar menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan dari TelkomGroup,” ujar Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen. Telkomsel juga berupaya untuk memperkuat posisinya di segmen milenial, yang akan menjadi pasar potensial (high value customers) di masa mendatang.

Menurutnya, Telkomsel menawarkan berbagai layanan dengan kualitas terbaik dan terluas dengan strategi pricing yang rasional melalui konsep more-for-more, sehingga profitabilitas tetap terjaga. Hal ini penting untuk memastikan kami dapat berinvestasi kembali untuk memastikan keberlanjutan bisnis di masa mendatang," ungkap Harry seperti dikutip dari Antara, Selasa, 3 Desember 2019.

Pada segmen seluler, pembangunan jaringan secara berkesinambungan hingga ke pelosok Tanah Air telah menggaet 171 juta pelanggan dengan 112 juta di antaranya merupakan pengguna layanan mobile broadband. Pendapatan dari mobile broadband pada sembilan bulan pertama 2019 tumbuh 28,4 persen dibandingkan September 2018 menjadi Rp9,1 triliun, didorong lonjakan di trafik layanan sebesar 55,2 persen.

Hary menyebut layanan mobile broadband masih akan menjadi mesin pertumbuhan Telkomsel ke depan. Hal ini mengingat konsumsi rata-rata pengguna data yang masih rendah di kisaran 5-6 GB per bulan dibandingkan dengan konsumsi di negara tetangga yang lebih dari 10 GB per bulan.

Trafik data tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang makin masif dalam menggunakan media sosial, layanan video, musik, game, serta pengguna 2G yang beralih ke layanan 3G maupun 4G. Seiring peralihan ini pula, porsi layanan legacy akan semakin berkurang dan digantikan oleh layanan data.

Sementara itu, IndiHome sebagai mesin pertumbuhan Telkom lainnya terus mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Sampai dengan September 2019, pelanggan IndiHome telah mencapai 6,5 juta dengan pendapatan sebesar Rp13,7 triliun atau tumbuh 52,1 persen dibanding periode yang sama di 2018. Hal itu tercapai dengan berbagai inovasi dan pengembangan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Pada akhir triwulan ketiga 2019, terdapat 4,5 juta add-on yang digunakan oleh pelanggan. IndiHome juga menawarkan berbagai pilihan bandwidth untuk pelanggan residensial sampai dengan 200 Mbps dan 300 Mbps. IndiHome juga menawarkan layanan OTT dan konten yang semakin lengkap dengan jangakaun luas hingga berbagai kecamatan dan kota.

Ada pun di segmen lain seperti Enterprise dan Wholesale, Telkom juga tetap fokus pada layanan yang memberikan kontribusi profitabilitas yang baik. Harry menambahkan, selain fokus pada kualitas layanan, BUMN itu juga menerapkan pricing yang rasional dan menjaga profitabilitas. Hal ini tercapai dengan fokus kepada pertumbuhan performansi, pengelolaan biaya yang efektif, sehingga mampu untuk mencatatkan profit.

"Dalam situasi kompetitif yang ada dan dengan basis performansi historis yang sudah tinggi, kami tetap mencatat pertumbuhan positif," ucap Harry. Di antara para pemain di industri telekomunikasi, Telkom merupakan perusahaan yang mampu untuk terus menghasilkan keuntungan sehingga rutin membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. "Bahkan di tahun 2019 ini kami menargetkan margin yang lebih baik daripada tahun lalu," kata Harry.[]

Berita terkait
Kelahiran Telkomsel Karena BJ Habibie
Sejarah hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya PT Telekomunikasi Selular tidak dapat dipisahkan dari peran penting Habibie.
Telkom Diminta Segera Blokir Game PUBG
Mendukung Fatwa Haram yang dikeluarkan oleh MPU Aceh, Pemko Lhokseumawe menyurati PT Telkom untuk segera memblokir game PUBG.
Tingkatkan Layanan IoT, Telkomsel Gandeng G4S Indonesia
PT Telkomsel terus berupaya meningkatkan performa bisnisnya.
0
Ini Dia 10 Parpol Pendatang Baru yang Terdaftar di Sipol KPU
Sebanyak 22 partai politik (parpol) telah mengajukan permohonan pembukaan akun atau akses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).