UNTUK INDONESIA
Panpel Arema FC Sediakan Tiket untuk Bobotoh
Persib Bandung tidak sendirian saat menghadapi Arema FC di Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Suporter Persib diizinkan datang ke Malang beri dukungan.
Ketua Panpel Arema FC, Abdul Harris memastikan menyediakan tiket untuk suporter Persib Bandung, Bobotoh atau Viking sesuai kuota. Arema FC menjamu Persib dalam lanjutan Shopee Liga 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang - Persib Bandung tidak sendirian saat datang ke Malang. Ribuan suporter, Bobotoh atau Viking, bakal memberi dukungan langsung saat tim kebanggaan menghadapi Arema FC di pertandingan Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Panitia pelaksana pertandingan pun sudah menyediakan tiket bagi suporter Persib. 

Duel dua tim yang identik dengan warna biru bakal membuktikan siapa yang terbaik di lapangan hijau. Menariknya, Persib bakal mendapat dukungan langsung dari suporter. 

Ini untuk kali pertama setelah bertahun-tahun suporter Persib bisa menyambangi Malang. Pasalnya hubungan suporter kedua tim yang tak harmonis menjadikan mereka tidak bisa saling mengunjungi. 

Sesuai dengan regulasi yang ada, panpel memang menyiapkan 5 % dari kapasitas stadion. Suporter tim tamu disediakan kurang lebih 2.200 tiket

Polres Malang, sebagai pihak keamanan, telah memberi lampu hijau kepada suporter Persib bila ingin datang ke kota apel untuk memberi dukungan. Panitia Pelaksana (Panpel) Arema FC pun sudah siap dengan menyediakan kuota tiket untuk suporter tim tamu. Dengan kuota 5 persen, Bobotoh mendapat jatah 2.200 tiket.

"Sesuai dengan regulasi yang ada, panpel memang menyiapkan 5 % dari kapasitas stadion. Suporter tim tamu disediakan kurang lebih 2.200 tiket," kata Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris di Malang, Jumat, 6 Maret 2020.

Bila Bobotoh datang ke Malang dan memenuhi kuota tiket di Kanjuruhan, maka big match dua klub legendaris itu bakal kian menarik. Pasalnya, Aremania dan Bobotoh atau Viking bakal berada dalam satu stadion.

Ini juga bisa menjadi momen perdamaian kedua belah pihak suporter. Selama ini, hubungan negatif Aremania maupun Bobotoh membuat mereka selalu berseteru. Tak heran bila suporter kedua tim tak bisa saling mengunjungi.

Meski demikian, Haris melanjutkan, panpel Arema FC masih menunggu perkembangan dan laporan evaluasi keamanan dari kepolisian. Bila pihak keamanan tetap memberikan lampu hijau, maka dirinya siap melaksanakan regulasi yang ditetapkan.

"Kami masih melihat laporan dan evaluasi keamanan. Selanjutnya kami menyesuaikan," tutur dia 

Menurut Haris penempatan suporter Persib juga tergantung berapa yang datang. Bila hanya 50 suporter yang datang, mereka akan ditempatkan di tribun VIP.

Bila jumlahnya maksimal 500 suporter yang datang, mereka akan menempati satu tribun ekonomi. Menurut Haris, tribun gate 1 disediakan khusus untuk suporter Maung Bandung.

Arema FC Vs Persib Jadi Ajang Rekonsiliasi Suporter

Menurut Haris adanya lampu hijau dari kepolisian bisa titik awal untuk membuang rivalitas antar-suporter yang memang sudah saatnya ditiadakan. Pertandingan tersebut bisa menjadi ajang rekonsiliasi dari dua kelompok suporter.

"Dari Malang, ini menjadi awal perdamaian atau rekonsiliasi di antara kedua suporter," ujar Haris lagi.

Polres Malang memang sudah memberi lampu hijau kepada Bobotoh. Tak sekadar memberi izin bila ingin datang, pihak kepolisian akan memfasilitasi dan menyiapkan pengamanan bagi suporter Persib selama di Malang. Termasuk menyediakan rantis untuk ditumpangi Bobotoh yang akan ke Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Kami bukan hendak memberi opsi. Persoalannya aturan Liga 1 memang seperti itu. Kalau dari Bobotoh ingin hadir atau tidak, itu terserah mereka," kata Kapolres AKBP Hendri Umar.

"Yang jelas, kami sudah mempersiapkan jika ada Bobotoh akan datang. Kami akan layani dan fasilitasi dengan baik sesuai prosedur keamanan," tuturnya.

Kepolisian juga akan melakukan koordinasi dengan Aremania. Biar bagaimana pun mereka harus bisa menjadi tuan rumah yang baik. []

Berita terkait
Lampu Hijau, Bobotoh Bisa Dukung Persib di Malang
Pendukung Persib Bandung, Bobotoh, mendapat lampu hijau dari kepolisian Malang untuk datang menyaksikan laga Arema FC melawan Persib di Kanjuruhan.
Ini Kerugian Bentrok Aremania Vs Bonek di Blitar
Berdasarkan data Polresta Blitar, total ada 13 kendaraan roda dua yang rusak parah dan ringan. Selain itu, tiga orang mengalami luka-luka.
Eze Tinggalkan Persib, Akunnya Ramai di-Unfollow
Striker Ezechiel Ndouassel ramai di-bully di media sosial. Gara-garanya, penyerang berjuluk King Eze ini meninggalkan Persib Bandung.
0
Doni Monardo, Strategi Baru Hajar Covid-19
Hungry man becomes angry man. Kita tidak ingin arahnya ke sana. Doni Monardo menyampaikan strategi baru dalam menyelesaikan masalah Covid-19.