UNTUK INDONESIA
Lampu Hijau, Bobotoh Bisa Dukung Persib di Malang
Pendukung Persib Bandung, Bobotoh, mendapat lampu hijau dari kepolisian Malang untuk datang menyaksikan laga Arema FC melawan Persib di Kanjuruhan.
Suporter Persib Bandung bisa datang ke Malang untuk memberi dukungan saat Persib menjalani laga tandang melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Kapolres Malang AKBP Hendri Umar siap memberi pengamanan bila Bobotoh datang ke Malang. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang - Kabar baik dan damai datang dari Malang untuk suporter Persib Bandung. Bobotoh atau Viking mendapat lampu hijau dari Polres Malang untuk bisa menonton langsung laga Arema FC melawan Persib di pertandingan Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020.

Persib bakal mendapat dukungan dari Bobotoh saat menyambangi Singo Edan di markasnya. Di pertandingan tersebut, kedua suporter direncanakan bisa berada dalam satu stadion untuk mendukung tim kebanggaan.

Pihak kepolisian pun sudah memberi lampu hijau bila suporter Persib datang ke Malang. Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menuturkan pihaknya hanya mengikuti aturan Liga 1 yang mengizinkan suporter lawan untuk datang.  

Kalau misalnya stadion di Kanjuruhan memiliki kapasitas 30 ribu, berarti ya sekitar 1500 hingga 2000 orang dari suporter Persib diperbolehkan datang

"Kami bukan hendak memberi opsi. Persoalannya aturan Liga 1 memang seperti itu. Kalau dari Bobotoh ingin hadir atau tidak, itu terserah mereka," kata Kapolres AKBP Hendri Umar di Malang, Selasa, 3 Maret 2020.

"Yang jelas, kami sudah mempersiapkan jika ada Bobotoh akan datang. Kami akan layani dan fasilitasi dengan baik sesuai prosedur keamanan," tuturnya.

Menurut Kapolres dalam aturan Liga 1 2020 disebutkan tim away, dalam hal ini Persib, berhak mendapatkan jatah untuk mengirimkan suporter mereka. Mereka mendapat kuota sekitar 5 % dari kapasitas stadion yang ada.

"Kalau misalnya stadion di Kanjuruhan memiliki kapasitas 30 ribu, berarti ya sekitar 1500 hingga 2000 orang dari suporter Persib diperbolehkan datang," kata kapolres.

Polres Malang Koordinasi dengan Polres Lain

Hendri mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk untuk pengamanan big match itu. Menurut dia pengamanan akan melibatkan Brimob, Polda Jatim dan Polres yang berada di sekitar Malang. Dengan demikian pengamanan laga itu akan melibatkan Polres Blitar Kota/Kabupaten, Pasuruan Kota/Kabupaten, Malang Kota dan juga Batu. 

Untuk teknis penempatan suporter Persib di stadion, mereka akan mendapat jatah satu tribun khusus. Dengan adanya opsi tersebut, Hendri mengatakan akan memberi pengamanan kepada suporter Persib. Tidak menutup kemungkinan suporter akan diangkut dengan menggunakan rantis.

"Untuk diangkut menggunakan apa, saya masih belum tahu. Itu nanti dari Bobotoh dan panitia pelaksana. Sejauh ini belum ada informasi bila Bobotoh yang hendak berangkat ke Malang," kata Hendri.

Bila akhirnya mereka akan datang, Hendri menuturkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Aremania, pendukung Arema FC. Kapolres mengimbau agar Aremania bisa menjadi suporter yang beretika dan berperilaku baik kepada suporter lain.

"Kami juga mengimbau kepada Aremania agar menjadi suporter yang beretika. Kita beri kesempatan kepada Bobotoh untuk bisa menonton Persib di Stadion Kanjuruhan dengan baik pula," ujar kapolres yang sudah melakukan operasi cipta kondisi di sejumlah titik seperti stasiun-stasiun di Malang.

Bila Bobotoh datang ke Malang ini akan menjadi terobosan dalam jalinan hubungan antarsuporter. Pasalnya di pertandingan sebelumnya selalu ada kesepakatan tidak tertulis suporter lawan tidak menghadirinya. 

Saat Persib bermain di Malang, maka Bobotoh atau Viking tidak perlu datang. Demikian pula sebaliknya, saat Arema FC tandang ke Bandung, Aremania tidak akan datang. Namun kini ada lampu hijau dua suporter berada di satu stadion untuk mendukung tim. []

Berita terkait
Eze Tinggalkan Persib, Akunnya Ramai di-Unfollow
Striker Ezechiel Ndouassel ramai di-bully di media sosial. Gara-garanya, penyerang berjuluk King Eze ini meninggalkan Persib Bandung.
Khofifah Prihatin Rusuh Aremania Vs Bonek di Blitar
Khofifah Indar Parawansa telah mengirim Baskebangpol untuk melakukan pendataan sejumlah kerusakan di Blitar untuk diberikan ganti rugi.
Persebaya Vs Arema, Polda Jatim Sweeping Suporter
Polda Jawa Timur akan menjaga ketat pintu masuk Kota Blitar agar Aremania dan Bonek Mania tidak datang untuk menonton laga Persebaya vs Arema FC.
0
Pasien Positif Corona di Aceh Bertambah, Total 10
Seorang pasien dalam pengawasan di Aceh kembali dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19).