UNTUK INDONESIA
Pangkalan di Dairi Tebus LPG Tanpa Melalui Agen
Pangkalan LPG di Kabupaten Dairi, melakukan penebusan langsung ke Pertamina, tidak melalui agen.
Direktur Operasi PT MKG didampingi pimpinan pangkalan, memberi keterangan pers, Selasa, 11 Februari 2020 (Foto: Tagar/Robert Panggabean)

Dairi - Pangkalan liquaefied petroleum gas (LPG) di bawah naungan agen PT Maholimo Karosine Gasindo (MKG) di Kabupaten Dairi, melakukan penebusan langsung ke Pertamina, tidak melalui agen.

"Tidak setor ke agen. Semua pangkalan langsung ke Pertamina, melalui aplikasi mandiri supply chain (MSC)," kata Esti Depari, Direktur Operasi PT MKG, di Sidikalang, Selasa 11 Februari 2020.

Esti didampingi para pimpinan pangkalan, mengatakan hal itu, menanggapi isu beredar, ada penebusan LPG di atas harga yang ditetapkan.

"Bagaimana membuat di atas harga. Pangkalan langsung bayar ke (bank) Mandiri kok. Semua mereka ini punya resi pengiriman," katanya.

Winto Naibaho, pimpinan UD Wiwin, pangkalan di bawah naungan PT MKG menimpali, agen hanya mengantarkan LPG ke pangkalan mereka. Pembayaran, langsung oleh pangkalan.

Esti memaparkan, setiap harinya kuota LPG 3 Kg untuk PT MKG, disalurkan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, 2.240 tabung. "Empat truk tiap hari. Sekali dalam sebulan, tiga truk," katanya.

PT MKG tidak beroperasi di Kecamatan Silahisabungan, Siempat Nempu dan Kecamatan Pegagan Hilir.

Sekarang sedang pembenahan. IMB sedang diurus. Nanti pindah ke sana

Dari alokasi setiap pangkalan, 60 persen adalah hak konsumen langsung. 40 persen dapat disalurkan ke kios pengecer. Itupun, pengecer hanya bisa membeli maksimal lima tabung per hari. Di luar itu, sudah menyalahi aturan.

Masyarakat diminta agar membeli LPG ke pangkalan. Sehingga dapat dipantau apakah harga di atas HET atau tidak. Harga di kios pengecer, di luar tanggung jawab agen.

Esti juga menerangkan harga penebusan tabung LPG 3 Kg yang dibayar pangkalan ke PT Pertamina, sesuai wilayah yang terdiri dari tiga wilayah penyaluran, biasa disebut ring.

Ring 1 meliputi Kecamatan Sumbul, Sitinjo, Sidikalang, harga tebus sebesar Rp 15 ribu per tabung.

Untuk ring 2 meliputi Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Lae Parira, Berampu, Tigalingga dan Kecamatan Parbuluan, Rp 15.500 per tabung.

Sementara ring 3 meliputi Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Tanah Pinem dan Kecamatan Gunung Sitember, harga tebus Rp 16 ribu per tabung.

Esti menambahkan, gudang agen PT MKG di Desa Tanjung Beringin I, Kecamatan Sumbul, direncanakan dipindah ke Kilometer 7, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. 

"Sekarang sedang pembenahan. IMB sedang diurus. Nanti pindah ke sana," katanya.[]

Berita terkait
Tiga Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Dairi
Kecelakaan lalu lintas melibatkan tiga kendaraan di Sidikalang, Kabupaten Dairi.
Empat Penderita Lumpuh di Dairi Karena Gizi Buruk
Empat orang anak penderita lumpuh di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, didiagnosa menderita gizi buruk.
Empat Anak Lumpuh di Dairi, Ibu: Ini Karunia Tuhan
Kisah pilu menguak dari Kabupaten Dairi. Satu keluarga miskin di desa itu, memiliki empat orang anak menderita lumpuh.
0
Selebgram Awkarin dan Ruth Stefani Diperiksa Polisi
Dua selebgram yakni Awkarin dan Ruth Stefani memenuhi panggilan pemeriksaan Kepolisian Daerah Jawa Timur.