Pancasila, Nilai Luhur Bangsa Penuntun di Kegelapan

Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap.
Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Bangsa Indonesia sangat bersyukur sekali dengan nilai-nilai yang telah dicetuskan oleh pendiri Bangsa. Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan menerangkan, melalui pandangan Soekarno, tanggal 1 Juni 1945 maka lahirlah Pancasila, yang menurut kajian merupakan bintang penuntun pada kegelapan malam. 

Kiranya momen ini bisa menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang kuat dan memiliki karakter Pancasila.

"Kami mengisyaratkan demikian, karena nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang pada akhirnya menjadi karakter anak bangsa dalam bermasyarakat," tutur Drajat Wisnu berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Senin, 31 Mei 2021.

Drajat Wisnu menjelaskan, Era industri 4.0 saat ini sangat membuka batasan-batasan informasi bangsa dimana kejadian pada belahan bumi selatan pada saat yang sama akan langsung juga diketahui oleh belahan bumi utara. 

"Kondisi inilah yang menurut kita bisa menjadi tantangan dan ancaman kehidupan berbangsa dan bernegara. Informasi yang tidak tersaring dengan baik apalagi tidak diyakini sebuah kebenaran atau hoaxs akan menjadikan kondisi di masyarakat menjadi keruh bahkan bisa menjadikan persilangan antara satu dengan yang lain," tegasnya.

PancasilaInformasi tentang Pancasila. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Oleh sebab itu, nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila bisa menjadi benteng anak bangsa untuk dijiwai dan menjadi pengingat sebelem kita berfikir ataupun mengambil sebuah tindakan. 

"Nilai-nilai Pancasila yang saat ini juga menghadapi tantangan dalam internalisasi dan institusionalisasi sudah selayaknya dan sepatutnya bersama sama seluruh anak bangsa untuk kita tegakkan dan inplementasikan dalam setiap kehidupan," sebutnya. 

Sehingga sebagai pengingat lahirnya Pancasila 1 Juni 2021 ini, bisa kita jadikan tonggak bahwa nilai-nilai Pancasila perlu untuk diimplementsikan secara terus menerus dan turun temurun sampai anak cucu kita nanti sebagai generasi berkarakter Pancasila.

"Kiranya momen ini bisa menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang kuat dan memiliki karakter Pancasila," tandas Drajat Wisnu. []

Berita terkait
Dirjen Polpum Bahtiar: Pancasila Sumber Nilai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar mengatakan, Pancasila harus menjadi sumber dari segala sumber nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bukti Sejarah, Mereduksi Pancasila Membawa Bangsa Terpuruk
Siapapun, termasuk rezim pemerintahan kapan pun, jika menggeser dan mereduksi Pancasila, pasti membawa pada keterpurukan bangsa dan negara.
PDIP: FPI Preman Berjubah Agama Bertentangan dengan Nilai Pancasila
Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Muchamad Nabil Haroen menilai FPI preman berjubah agama dan bertentangan dengan nilai Pancasila.
0
Pulihkan Ekonomi, Kementerian PDTT Dukung Work From Bali
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mendukung program pemerintah work from Bali dalam rangka memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid.19