Dirjen Polpum Bahtiar: Pancasila Sumber Nilai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar mengatakan, Pancasila harus menjadi sumber dari segala sumber nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Bahtiar, M.Si mengatakan, Pancasila harus menjadi sumber dari segala sumber nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini diungkapkannya saat menjadi Narasumber dalam Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Konstitusi dan Peraturan Perundang-Undangan, Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta.

Perlu dicek kembali, apakah semua peraturan perundang-undangan, peraturan daerah, sudah sejalan dengan Pancasia sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum, dan telah memuat nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Seminar dengan tema “Haluan Ideologi Pancasila dalam Konstitusi dan Peraturan-Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia” itu dilaksanakan melalui zoom meeting dan dihadiri kurang lebih 256 orang terdiri dari mahasiswa serta akademisi Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Kemendagri - TrisaktiSeminar Nasional Pusat Studi Konstitusi dan Peraturan Perundang-Undangan, Fakultas Hukum Universitas Trisakti. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Dirjen Polpum Bahtiar menegaskan, agar Pancasila menjadi sumber segala nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu diperiksa kembali apakah semua aturan sudah sesuai dengan Pancasila.

“Perlu dicek kembali, apakah semua peraturan perundang-undangan, peraturan daerah, sudah sejalan dengan Pancasia sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum, dan telah memuat nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila,” tuturnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Jumat, 26 Maret 2021.

Selain Dirjen Polpum Bahtiar, sejumlah narasumber lain juga turut dihadirkan dalam seminar tersebut. Seperti Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto dan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Trisakti Dr. Drs. Trubus Rahardiansyah, SH. Serta Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Dr. Dany, Amrul Ichdan. []

Berita terkait
Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Sosialisasi Reformasi Birokrasi 2021 Melibatkan Tokoh Publik/Masyarakat
Kemendagri menyelenggarakan Sosialisasi/Internalisasi Reformasi Birokrasi di lingkungan Ditjen Polpum Tahun 2021.
Dirjen Polpum Bahtiar Buka Acara Bimbingan Teknis Analisis Isu Publik Berbasis Big Data
Dirjen Polpum Bahtiar resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Analisis Isu Publik Berbasis Big Data.
Ditjen PolPUM Kemendagri Gelar Rapat Evaluasi Bantuan Keuangan & Review Peraturan Parpol
Kemendagri melalui Ditjen Politik dan PUM, menyelenggarakan Rapat Evaluasi Penggunaan Bantuan Keuangan dan Review Peraturan Parpol.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19