UNTUK INDONESIA
Paksakan Pemain Tampil, PSS Imbangi Persipura
PSS Sleman harus berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Persipura Jayapura di Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Kamis 19 September 2019.
PSS Sleman harus berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Persipura Jayapura di Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Kamis 19 September 2019. Tampak gelandang PSS Guilherme Batata (kiri) dibayangi pemain Persipura Johanis Tjoe. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Sleman - PSS Sleman hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Persipura Jayapura di kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 19 September 2019. Di laga tersebut gelandang Brian Ferreira yang belum saatnya tampil setelah pulih dari cedera sampai dipaksakan tampil karena pelatih Seto Nurdiyantoro tak punya pilihan. 

PSS yang tampil di kandang sendiri harus bekerja keras menghadapi Persipura yang memiliki organisasi permainan yang rapi. Bahkan Persipura lebih mendominasi, terutama di babak pertama. Penguasaan bola mereka jauh lebih tinggi dibandingkan pemain PSS. 

Hanya, pemain Persipura tak mampu menuntaskan setiap peluang menjadi gol. Meski demikian usaha mereka tak sia-sia. Menjelang akhir pertandingan, tim Mutiara Hitam berhasil unggul melalui sundulan Muhammad Tahir.

Kami kehilangan karakter permainan di babak pertama. Namun karakter itu akhirnya muncul di babak kedua. Ini menjadi pelajaran dan evaluasi bagaimana saat kami bermain dengan cuaca yang panas yang mengakibatkan karakter tim tidak muncul

Gol yang tercipta di injury time babak pertama ini berawal dari tendangan bebas Todd Ferre. Bola yang meluncur di depan gawang PSS langsung disambut oleh Tahir.

Di babak kedua, giliran Guilherme Batata dkk yang menekan Persipura. Namun serangan mereka juga selalu kandas karena barisan belakang Persipura yang dimotori Andre Ribeiro melakukan sapu bersih.

Masuknya Ferreira menggantikan Dave Mustaine di menit 65 akhirnya membawa perubahan pada irama permainan PSS. Bahkan gelandang asal Argentina ini berperan besar terciptanya gol balasan PSS. 

Umpan terobosan dari Ferreira dituntaskan dengan baik oleh Rangga Muslim. Gol itu tercipta di menit 83. Skor berubah 1-1 dan bertahan sampai akhir laga. 

Pelatih Seto mengakui dirinya memaksakan Ferreira tampil karena tim membutuhkannya. Menurut dia dari tim medis sesungguhnya belum mengizinkan Ferreira bermain meski sudah pulih dari cedera. 

"Brian belum diizinkan bermain. Tetapi saya menggunakan hak prerogatif saya sebagai pelatih dan dia memberi kontribusi bagi tim. Saya juga berharap dia tak kembali cedera setelah dimainkan," kata Seto.

Hasil imbang ini tetap memuaskan Seto meski gagal memenuhi target. Diakuinya tim tidak menunjukkan karakter permainan yang sesungguhnya di babak pertama. 

"Kami kehilangan karakter permainan di babak pertama. Namun karakter itu akhirnya muncul di babak kedua. Ini menjadi pelajaran dan evaluasi bagaimana saat kami bermain dengan cuaca yang panas yang mengakibatkan karakter tim tidak muncul," ujar Seto. 

Sementara pelatih Persipura Jacksen F. Tiago merasa senang bisa mengambil satu poin di pertandingan tersebut. Menurutnya pemain sudah berusaha keras secara maksimal. Namun mereka akhirnya gagal mempertahankan keunggulan. 

"Saya tetap senang meski tidak sesuai dengan harapan saya. Namun saya puas karena pemain sudah berjuang maksimal. Kami tahu ini laga yang berat. Tambahan satu poin setidaknya posisi kami naik satu tingkat," kata Jacksen. 

Ya, hasil itu menjadikan Persipura naik ke posisi tujuh dengan poin 27. Sedangkan posisi PSS tak berubah. Mereka bertengger di peringkat lima dengan poin 28. []

Berita terkait
PSS vs Persipura, Tuan Rumah Minus Yevhen
PSS Sleman tetap yakin meski tanpa striker Yevhen Bokhashvili saat menjamu Persipura di Shopee Liga 1 2019 di Maguwoharjo, Kamis 19 September 2019.
Kitorang Seduluran, Virus Perdamaian ala Slemania
Slemania, salah satu suporter PSS Sleman menebarkan virus perdamaian Kitorang Seduluran di laga Liga 1 2019 PSS melawan Persipura Jayapura.
Pemain Persija-Persipura Heningkan Cipta Untuk Habibie
Tim Persija Jakarta dan Persipura Jayapura mengheningkan cipta mengenang Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang meninggal pada pukul 18.05 WIB.
0
Erick Thohir Orang Kelima Tiba di Istana Kepresidenan
Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, tiba di Istana Kepresidenan, sekitar pukul 11.14 WIB, Senin, 21 Oktober 2019.