UNTUK INDONESIA
Pakai Peci dan Sarung, Rocky Gerung Pindah Agama?
Sejumlah foto Rocky Gerung memakai peci dan sarung sedang berada di atas podium beredar luas di media sosial.
Tangkapan layar di media sosial yang menyatakan Rocky Gerung menjadi ustaz. (Foto: Antara/Facebook)

Jakarta - Sejumlah foto Rocky Gerung memakai peci dan sarung sedang berada di atas podium beredar luas di media sosial. Foto itu menjadi perbincangan warganet. Mereka menyebut Rocky telah pindah agama dan memeluk Islam, bahkan ada juga yang menyebutnya telah menjadi ustaz. 

"Ustad Google," kata salah satu akun pengguna Facebook pada 4 September 2020. 

"Apa Mungkin Karena Dibilang Gak Jelas. Tanpa Ngaji, Tanpa Mondok dan Langsung Mendadak Disebut Ustaz.. Bakal Ambyaaarrr Negeri Tercinta ini Gaeees Diisi Oleh Athaeis Muallaf Mendadak Ustad," demikian komentar akun tersebut. 

Namun, benarkah Rocky Gerung telah pindah agama dan menjadi ustaz?

Rocky GerungTangkapan layar di media sosial yang menyatakan Rocky Gerung menjadi ustaz. (Foto: Antara/Facebook)

Cek Fakta

Dikutip dari Antara, Selasa, 8 September 2020,  foto-foto Rocky Gerung memakai peci dan mengalungkan sarung adalah benar foto asli. Namun, Rocky tidak pindah agama, mualaf atau pun menjadi ustaz. 

Mengutip video bertajuk "KAMPUS BESAR OTAK KECIL" yang diunggah akun resmi Rocky Gerung di YouTube, pria berusia 61 tahun itu mengatakan foto yang tersebar itu adalah momen ketika dia memberikan kuliah ilmiah di hadapan para wisudawan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin, Banten atau UIN Banten.

Rektor UIN Banten Fauzul Iman menawarkan peci dan sarung kepada Rocky Gerung agar dipakai sebelum naik podium dan memberikan kuliah ilmiah. 

Rocky Gerung mengatakan peci yang dipakainya adalah simbol budaya banten, begitu pun dengan kain sarung yang dia kalungkan. Menurut dia, itu adalah simbol kebudayaan Badui. 

"Etnis Badui yang bikin kain selendang itu. Jadi, terlihat ada situasi multikultural di situ, ada norma akademis karena argumen, ada simbol Islam karena itu kompleks UIN. Saya pakai peci di situ dan ada fasilitas kebudayaan di situ karena wilayah adat Badui, jadi saya pakai di situ," kara Rocky dalam video yang diunggah pada 2 September 2020. 

Rocky Gerung mengatakan UIN Banten adalah kampus yang mengerti arti toleransi, bukan hanya agama melainkan juga toleransi sosial.[]

Berita terkait
Rocky Gerung Mau Jadi Menteri Asal Kabinet Bubar
Pengamat politik Rocky Gerung menyatakan kesediaannya apabila ditunjuk sebagai menteri dalam kabinet Indonesia Maju.
Irma NasDem Suruh Rocky Gerung dan KAMI Tabayun
Politisi partai Nasional Demokrat (NasDem) non aktif, Irma Suryani Chaniago menyuruh Rocky Gerung dan KAMI tabayun sebelum mengkritik.
Istana Ogah Bendung Rocky Gerung Cs Bikin New KPK
Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian menanggapi adanya usulan pembuatan new KPK atau kawanan pencari keadilan oleh Rocky Gerung cs.
0
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.