UNTUK INDONESIA
Pahami Khasiat Menakjubkan Bekam untuk Kesehatan
Bekam menjadi salah satu metode pengobatan alternatif yang baik untuk kesehatan tubuh. Metode ini bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
Ilustrasi Bekam. (Foto: Pixabay/7thedenspa)

Jakarta - Bekam merupakan metode pengobatan alternatif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cara pengobatan ini populer di kalangan masyarakat dan dipercaya ampuh mencegah serta mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, bekam sering menjadi pilihan pengobatan lantaran harganya yang terjangkau dan minim efek samping. Sehingga, nantinya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit tanpa perlu merogoh kantung dalam-dalam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah khasiat bekam untuk kesehatan.

1. Mengatasi Kelelahan

Bekam bisa mengatasi rasa lelah yang berlebih. Titik-titik bekam akan membuat Anda merasa relaks terutama di bagian punggung dan leher.

Ketika pertama kali merasakan di bekam, Anda akan merasa badan seperti dipijat dengan lembut. Sehingga, rasa nyeri otot, punggung, dan leher yang kaku akan cepat teratasi.

2. Mengatasi Sakit Kepala Ringan dan Sakit Kepala Sebelah

Bagi yang sering merasakan sakit kepala dan migrain, bekam mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.  Sebab, terdapat titik-titik terbaik untuk menyembuhkan keluhan di leher dan kepala. 

Namun, Anda perlu mencukur sedikit rambut terlebih dahulu agar lebih mudah untuk dibekam.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain darah, ternyata jaringan lemak juga bisa disedot dari pori-pori tubuh melalui metode bekam. Titik-titik yang banyak jaringan lemak nantinya akan menjadi jalur target pembekaman.

Metode ini dipercaya efektif karena bekam bisa membuat metabolisme tubuh membaik. Namun, cara ini perlu dibarengi dengan latihan dan olahraga tentunya agar hasilnya bisa lebih maksimal.

4. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Tak hanya nutrisi, racun juga banyak diserap oleh tubuh manusia setiap harinya. Sebab, manusia setiap hari mengonsumsi makanan, minuman, atau menghirup udara yang mungkin sudah terkontaminasi tanpa disadari.

Banyaknya jumlah racun yang diserap bisa dilihat dari warna darah yang keluar saat dibekam. Semakin pekat warnanya, kian banyak juga racun yang dikeluarkan oleh tubuh.

5. Menyembuhkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi penyakit, seperti jantung, diabetes, dan ginjal. Untuk meminimalisir risiko tersebut, bekam bisa menjadi solusi yang tepat. Terdapat sejumlah titik-titik khusus, seperti di kepala, bahu, dan badan ketika dibekam akan menjadi sasaran untuk menyembuhkan darah tinggi.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Metode bekam bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Terapi bekam menggunakan penyedotan darah kotor yang berdampak pada peningkatan aliran darah. Sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat, serta darah yang tersumbat menjadi lancar kembali.

7. Membuat Pernapasan Sehat

Beragam masalah pernapasan, seperti asma juga bisa diatasi dengan metode bekam. Caranya dengan membekam titik-titik yang terhubung dengan paru-paru. Namun, metode ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

8. Mengurangi Stres dan Mencegah Depresi

Bagi yang sering merasa stres dan depresi lantaran berbagai hal, seperti permasalahan kerja dan keluarga, bekam bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Sebab, bekam bisa dikatakan sebagai metode relaksasi yang membuat badan menjadi terasa ringan dan nyaman kembali.

Meski memiliki beragam manfaat, bekam juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Efek samping dari metode ini, seperti adanya tanda keunguan berbentuk bulat atau memar di kulit, bengkak, rasa sakit atau tidak nyaman di area kulit, kulit sedikit terasa terbakar, bekas luka yang tak hilang, dan infeksi kulit.

Dikutip dari laman hellosehat, National Center for Complementary and Integrative Health mengatakan metode bekam memiliki risiko penularan penyakit melalui darah, seperti hepatitis B dan C. Sehingga, sebaiknya pastikan tempat terapi yang dikunjungi terjamin keamanan dan kebersihannya. Pastikan juga terapis yang menangani merupakan seorang profesional yang terlatih dan berpengalaman. []

Baca juga:

Berita terkait
10 Cara Alami Cegah Pilek dan Flu
Jurus untuk mencegah pilek. Anda perlu mencamkan agar tak terkenal penyakit menjengkelkan ini. Silakan praktikkan.
Cegah Diabetes dan Enam Manfaat Buah Ara
Buah ara kaya dengan kandungan nutrisi memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.
Tekanan Darah Tinggi Mengganggu? Buah dan Sayuran Solusinya
Memakan buah-buahan segar seperti melon juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.
0
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.