UNTUK INDONESIA
Tekanan Darah Tinggi Mengganggu? Buah dan Sayuran Solusinya
Memakan buah-buahan segar seperti melon juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta, (Tagar 26/12/2018) - Tekanan darah tinggi yang di kenal dengan nama hipertensi, mempengaruhi lebih dari satu sampai empat orang dewasa di Inggris.

Makanan tertentu yang dikonsumsi memiliki efek negatif pada tekanan darah tinggi, seperti yang mengandung kadar garam tinggi.

Menurut ahli gizi Dr Josh Axe, orang yang mengikuti diet tekanan darah tinggi seperti diet DASH, dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak tujuh hingga 12 poin.

Dr Josh Axe merekomendasikan beberapa makanan terbaik yang menurunkan tekanan darah secara alami, termasuk sayuran seperti bayam, kale, serta kacang polong. 

Memakan buah-buahan segar seperti melon juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi buah segar sebagai lawan jus atau manis, buah kaleng, cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat, elektrolit seperti kalium dan magnesium, dan antioksidan seperti flavonoid dan resveratrol.

"Dua hingga empat porsi adalah jumlah yang baik bagi kebanyakan orang, terutama buah-buahan seperti buah beri, jeruk, kiwi, apel dan melon," ucap Dr Josh Axe.

Menurut ahli gizi di Health line, penderita diabetes mencoba meminimalkan asupan gula, tetapi pemanis lainnya juga bisa menyebabkan lonjakan gula darah. 

Lebih banyak gula alami seperti madu topper madu yang populer, memiliki efek yang sama. Agave nektar dan sirup maple termasuk dalam kategori yang sama.

Meskipun pemanis ini tidak diproses dengan baik, mereka mengandung setidaknya sebanyak karbohidrat seperti gula putih. Bahkan, sebagian besar mengandung lebih banyak lagi.

Strategi terbaik adalah menghindari semua bentuk gula dan menggunakan pemanis rendah karbohidrat alami sebagai gantinya.

Buah dan sayuran adalah pilihan yang baik, setiap orang harus makan setidaknya lima porsi sehari, seperti yang direkomendasikan di pedoman kesehatan. Tetapi jenis buah tertentu harus dihindari.

Beberapa buah merupakan sumber utama dari beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C dan kalium, tetapi buah kering harus dihindari.

Health line menjelaskan, ketika buah dikeringkan, proses menghasilkan hilangnya air yang mengarah ke konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi.

Kandungan gula menjadi lebih terkonsentrasi. Satu cangkir anggur mengandung 27 gram karbohidrat, termasuk 1 gram serat. Sebaliknya, satu cangkir kismis mengandung 115 gram karbohidrat, 5 di antaranya berasal dari serat.

Karena itu, kismis mengandung lebih dari tiga kali lebih banyak karbohidrat seperti anggur. Jenis buah kering lainnya juga lebih tinggi dalam karbohidrat dibandingkan dengan buah segar. []

Berita terkait
0
Venue Tenis PON Papua Dipalang Warga, Ini Alasannya
Sekelompok warga Port Numbay dari Suku Hamadi memalang akses jalan masuk venue tenis PON XX. Ini penyebabnya