UNTUK INDONESIA

Ozil dan Messi, 7 Bintang Sepak Bola Habis Kontrak di 2021

Bursa transfer musim dingin, ini daftar 7 pemain bintang yang habis kontrak di tahun 2021 sebagai opsi transfer.
Ilustrasi bursa transfer Januari 2021, Mesut Ozil dan Lionel Messi bertemu pada laga Arsenal vs Barcelona. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Memasuki bursa transfer musim dingin, sejumlah tim sepak bola di benua biru sedang berlomba membenahi skuad mereka. Krisis keuangan klub akibat pandemi Covid-19 juga membuat tim hemat belanja pemain. Ini daftar 7 pemain bintang yang habis kontrak di tahun 2021 sebagai opsi transfer:

1. Lionel Messi

Mega bintang asal Argentina, Lionel Messi saat ini sedang menghabiskan sisa kontrak di Barcelona yang akan berakhir pada 30 Juni 2021. 

Lionel MessiLionel Messi menggiring bola menghadapi Granada FC dalam kompetisi LA Liga, 9 Januari 2021. (Foto: Tagar/Getty Images)

Sejak kedatangan pelatih Ronald Koeman di Barcelona, beberapa kali Messi tampak kesal dengan kebijakan sang pelatih. Termasuk keputusan Ronald Koeman membuang Luis Suarez ke rival tim yaitu Atletico Madrid. 

Terakhir memperpanjang kontrak pada 25 November 2017, pihak Barcelona berulang kali menyodorkan kontrak baru, tetapi Messi masih mempertimbangkan nasibnya.

2. Paul Pogba

Bintang asal Prancis, Paul Pogba disebut sudah tidak betah di Manchester United karena minim jam bermain. Sejak kedatangan pemain baru dengan kualitas bagus, membuat Paul Pogba semakin terpinggirkan. 

Pemain yang membawa Prancis memenangi Piala Dunia itu dilaporkan sempat bersitegang dengan Ole Gunnar Solskjaer, pelatih Manchester United. 

Paul PogbaPaul Pogba berseragam Manchester United saat menghadapi Manchester City di Semifinal Carabao Cup, 6 Januari 2021. (Foto: Tagar/Getty Images)

Belakangan ini, Paul Pogba menunjukan peforma bagus sekaligus membuat Manchester United ingin memberikan kontrak baru. Tetapi sang agen Mino Raiola menyarankan untuk pergi dari Manchester United. 

Seharusnya, Paul Pogba akan habis kontrak pada 30 Agustus 2021 tetapi manchester United telah mengaktifkan klausul perpanjangan kontrak secara otomatis selama 1 tahun.

3. Diego Costa

Baru-baru ini Diego Costa sudah memutus kontrak dengan Atletico Madrid karena frustasi dengan minim bermain dan sering masuk ruang perawatan. 

Tak kunjung mendapat kontrak baru, akhirnya Diego Costa menjadi pemain tanpa klub pada bursa transfer Januari ini.

Diego CostaDiego Costa dan Atletico Madrid sepakat mengakhiri kontrak. Bursa Transfer Januari 2021 ini Diego Costa berstatus pemain tanpa klub alias bebas transfer. (Foto: Tagar/Getty Images)

"Atletico de Madrid dan Diego Costa sepakat untuk memutus kontrak, yang dijadwalkan akan berakhir 30 Juni 2021," demikian pernyataan resmi dari Atletico di laman klub.

Sejumlah tim seperti Wolverhampton Wanderers, Tottenham Hotspur, dan Arsenal tertarik dengan jasa pemain 32 tahun tersebut. 

4. Memphis Depay

Setelah kehilangan impiannya untuk pindah ke Barcelona musim panas ini karena daya beli klub-klub La Liga melemah, Depay tampaknya akan keluar dari Lyon, baik pada Januari atau musim panas mendatang. 

Dia dikabarkan menyetujui semua persyaratan pribadi dengan Tim Catalan saat musim panas. Barcelona kemungkinan akan melayangkan tawaran resmi di jendela transfer berikutnya.

Pelatih Barcelona saat ini Ronald Koeman telah bekerja cukup lama bareng Depay di Timnas Belanda, dan secara terbuka menyatakan keinginannya untuk membawa pemain berusia 26 tahun itu ke Camp Nou. 

Memphis DepayMemphis Depay berseragam Olympique Lyon tampil di Ligue 1 pada 13 Desember 2020. (Foto: Tagar/Getty Images)

Apalagi, mengingat kegagalan Lyon lolos ke Liga Champions musim ini, mungkin tidak mengherankan jika kita melihat Depay mengenakan kostum Barcelona pada Januari. 

Memphis Depay bergabung dengan Lyon pada 20 Januari 2017 dan Kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2021.

5. Mesut Ozil

Masa depan Mesut Ozil di Arsenal serba gelap. Ia terakhir kali tampil membela The Gunners pada 7 Maret 2020 lalu. Namanya bahkan tak masuk daftar pemain di ajang Liga Europa. Ia sama sekali tak pernah menjajal lapangan di awal musim 2020-2021.

Arsenal hampir dipastikan tak berniat memperpanjang kontraknya. Mikel Arteta tak tertarik memakai jasa Ozil. Mengantongi gaji gemuk 350.000 pounds per pekan jadi beban berat manajemen Arsenal.

Mesut OzilMesut Ozil menggelar sesi latihan bersama Arsenal. (Foto: Tagar/Getty Images)

Salah satu playmaker terbaik di generasinya, pemain berusia 31 tahun ini pasti akan menarik perhatian beberapa klub top. Mereka bisa meminangnya secara gratis, hanya tinggal menyanggupi gajinya yang tinggi. 

Ozil Terakhir kali memperpanjang kontraknya pada 1 Februari 2018 dan akan habis pada 30 Juni 2021.

6. David Alaba

Pemain Austria berusia 28 tahun itu adalah salah satu pemain paling serba bisa dan paling dicari. Musim panas ini sudah banyak klub menyatakan ketertarikan untuk meminang Alaba. Sang pemain memilih bertahan di Bayern Munchen, sembari menghabiskan kontraknya yang tersisa semusim lagi.

David AlabaDavid Alaba diisukan bakal hengkang dari Bayern Munchen musim ini. (Foto: Tagar/Getty Images)

Hubungan antara Bayern dan Alaba semakin renggang setelah mantan presiden Bayern Uli-Hoeness menuduh agen Alaba, Pini Zahavi sebagai "piranha perampas uang" di tengah negosiasi kesepakatan kontrak baru untuk kliennya. 

Alaba akan menjadi aset besar bagi Barcelona atau Real Madrid, klub yang dirumorkan amat berminat menggaetnya. Terakhir kali Alaba memperpanjang kontrak di Bayern pada 18 Maret 2016 dan akan habis pada 30 Juni 2021.

7. Sergio Aguero

Penyerang asal Argentina satu ini telah menghabiskan hampir satu dekade di Manchester City sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak klub. Namun, pemain berusia 32 tahun itu memiliki masalah dengan cedera dalam beberapa musim terakhir dan The Citizens kemungkinan akan mengizinkannya pergi pada musim panas mendatang.

Aguero sendiri mengajukan gagasan pada 2015 bahwa dia ingin pindah ke Argentina setelah kontrak City-nya berakhir. Klub masa mudanya Independiente ada di barisan terdepan untuk mendapatkannya. 

Sergio AgueroSergio Aguero berseragam Manchester City melakoni laga kontra Chelsea pada 3 Januari 2021. (Foto: Tagar/Getty Images)

Tapi, bisa jadi ia malah memutuskan tetap berkiprah di Eropa, mengingat produktivitasnya masih mumpuni. Aguero terakhir kali memperpanjang kontrak pada 21 September 2018 dan yang akan habis pada 30 Juni 2021. (Dimas Muhammad Gustyo). []

Berita terkait
Cara Latihan Tendangan Bebas Ala Cristiano Ronaldo
Dengan mempelajari teknik yang benar, Anda dapat melakukan tendangan bebas seperti Cristiano Ronaldo. Berikut cara latihan yang bisa Anda tiru.
Tips Sederhana Supaya Mahir Bermain Sepakbola
Menjadi pemain sepak bola merupakan impian banyak anak di seluruh dunia. Berikut tips supaya mahir bermain sepak bola.
Mal Seluas 50 Kali Lapangan Sepak Bola di Burj Khalifa
Burj Khalifa memiliki mal yang luasnya setara dengan luas 50 lapangan sepak bola, menjadikannya sebagai mal terbesar di dunia.
0
Ozil dan Messi, 7 Bintang Sepak Bola Habis Kontrak di 2021
Bursa transfer musim dingin, ini daftar 7 pemain bintang yang habis kontrak di tahun 2021 sebagai opsi transfer.