UNTUK INDONESIA

Mal Seluas 50 Kali Lapangan Sepak Bola di Burj Khalifa

Burj Khalifa memiliki mal yang luasnya setara dengan luas 50 lapangan sepak bola, menjadikannya sebagai mal terbesar di dunia.
Burj Khalifa masih menjadi bangunan tertinggi di dunia. Gedung ini dua kali lebih tinggi Empire State di New York dan tiga kali leboh tinggi dari menara Eifel di Paris. (Foto: Tagar/burjkhalifa.ae)

Jakarta – Burj Khalifa sempat digunakan sebagai lokasi perayaan ulang tahun bintang KPOP, yakni V BTS oleh para penggemarnya pada akhir Desember 2020. Hingga kini Burj Khalifa masih menjadi bangunan tertinggi di dunia. Gedung ini dua kali lebih tinggi Empire State di New York dan tiga kali leboh tinggi dari menara Eifel di Paris.

Gedung megah ini didesain oleh arsitek dari Amerika bernama Adrian Smith yang telah banyak mendesain bangunan terkenal, seperti Trump International Hotel & Tower di Chicago, menara Zhifeng di Nanjing, dan menara Jin Mao di Sanghai.

Adrian Smith kini juga tengah menggarap proyek besarnya yang dikabarkan akan menjadi bangunan tertinggi mengalahkan Burj Khalifa yaitu Menara Jeddah di Jeddah.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu, 2 Januari 2021, Burj Khalifa dibangun tahun 2010 oleh Syekh Mohammed bin al Rashid al Maktoum, dengan biaya USD 1,5 milyar.

Saat pertama dibangun, gedung ini bernama Burj Dubai. Namun, nama gedung ini diubah untuk penghormatan terhadap penguasa Abu Dhabi, Syekh Kalifa bin Zayed al Nahyan yang telah menyumbang dana milyaran dolar untuk pembangunan gedung ini.

Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter yang terdiri dari 162 lantai. Bangunan ini menjadi ikon terpopuler di kota Dubai karena arsitekturnya yang memukau dan fasilitas mewah yang ada di sana.

Menguti laman resmi burjkhalifa.ae, bangunan ini memiliki berbagai jenis bangunan seperti perumahan, restoran, kantor, kolam renang hingga lapangan tenis.

Tersedia juga fasilitas hotel dan night club di lantai 143. Hotel disini dirancang oleh legenda mode Italia bernama Giorgino Armani. Ia menerapkan gaya minimalis khasnya dengan interior abu – abu yang memili sentuhan nuansa Jepang.

Burj Khalifa juga memiliki apartemen yang jumlahnya hingga 1000 hunian. Apartemen yang elegan ini menawarkan fasilitas mewah, termasuk Dubai Mal di dalamnya. Ukuran mal tersebut setara dengan luas 50 lapangan sepak bola, dan menjadikannya sebagai mal terbesar di dunia. Tak hanya itu, Burj Khalifa memiliki gedung perpustakaan tertinggi di dunia yang berada di lantai 123.

Di Burj Khalifa tersedia sebuah desk observasi bernama “At The Top Sky” yang berada di lantai 148. Disini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kota Dubai yang memukau dari Ketinggian. Tak heran banyak pengunjung yang tertarik untuk menikmati keindahan kota dan matahari terbenam dari ketinggian 2716 kaki ini.

Indahnya pemandangan kota dan pesona matahari terbenam seolah membius pengunjung untuk berlama -lama berada di bangunan ini. Estetika keindahan gedung akan sangat terlihat saat mengunjungi bangunan ini.

Burj Khalifa 2Pertunjukan kembang api di Burj Khalifa pada pergantian tahun 2021 berlangsung selama lebih dari 30 menit yang memecahkan rekor pertunjukkan kembang api terlama di dunia. (Foto: Tagar/burjkhalifa.ae)

Luasnya Burj Khalifa membuat pengunjung dapat tetap leluasa menikmati kemegahan gedung tertinggi di dunia ini meski banyak pihak yang beraktivitas di dalamnya. Bahkan, saking luasnya hingga mampu menampung 35 ribu orang sekaligus.

Kemegahan gedung ini bahkan membuatnya digunakan sebagai lokasi syuting seperti film “Mission Imposible: Ghost Protocol”.

Selain memiliki Mall terluas dan perpustakaan tertinggi di dunia, Burj Khalifa masih memecahkan beberapa rekor dunia seperti bangunan berstruktur bebas tertinggi, lantai tertinggi di dunia, desk observasi ruang tertinggi di dunia, lift dengan jarak terpanjang di dunia, lift degan layanan tertinggi di dunia, kolam renang di lantai tertinggi di dunia.

Belakangan Burj Khalifa juga dapat disewa untuk dijadikan tempat pertunjukan 3D di gedung tersebut. Dengan pertunjukkan air mancur dan gedung seni 3D yang ditampilkan. Burj Khalifa dapat menarik lebih banyak perhatian wisatawan.

Tahun baru 2021 kemarin juga menjadikan Burj Khalifa perhatian dunia karena gedung ini menampilkan pertunjukan kembang api dan air mancur yang luar biasa indah. Pertunjukan kembang api ini berlangsung selama lebih dari 30 menit yang memecahkan rekor pertunjukkan kembang api terlama di dunia. []

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
Wow, Fans Sewa Burj Khalifa untuk Rayakan Ultah Taehyung BTS
Tanggal 30 Desember merupakan hari yang istimewa bagi BTS Army sebutan untuk penggemar grup K-POP BTS. Mereka merayakan ulang tahun ke-26 Taehyung.
Saat Tepat Nikmati Eksotis dan Romantisnya Pantai Karapyak
Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran ini memiliki pesona laut yang sangat indah.
5 Negara Ini Tak Pernah Rayakan Tahun Baru Pada 1 Januari
Beberapa negara ini mempunyai tanggal sendiri untuk merayakan pergantian tahun.
0
Mal Seluas 50 Kali Lapangan Sepak Bola di Burj Khalifa
Burj Khalifa memiliki mal yang luasnya setara dengan luas 50 lapangan sepak bola, menjadikannya sebagai mal terbesar di dunia.