UNTUK INDONESIA
Opsi Prabowo Jika Gerindra Gagal Gabung Koalisi Jokowi
Gerindra siap membantu pemerintahan. Opsi jika gagal masuk koalisi partai pendukung pemerintah Jokowi juga telah dipersiapkan Prabowo.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan siap membantu pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Opsi jika Gerindra gagal masuk gerbong koalisi partai pendukung pemerintah juga telah dipersiapkan Prabowo.

"Kalau umpamanya kita tidak masuk kabinet, kami tetap akan loyal di luar sebagai apa istilahnya, check and balance, sebagai penyeimbang," kata Prabowo di Istana Kepresidenan pada Jumat, 11 Oktober 2019.

Kan kita di Indonesia enggak ada oposisi ya, Pak.

Namun, Prabowo tak memungkiri bagi dirinya dan Jokowi memiliki hubungan dekat sehingga harapannya tak ada oposisi di antara keduanya. "Kan kita di Indonesia enggak ada oposisi ya, Pak," tanya Prabowo kepada Jokowi.

Sebelumnya Jokowi mengungkapkan kemungkinan besar Partai Gerindra akan masuk dalam gerbong partai koalisi pendukung pemerintahan.

"Kami bicara mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi," kata Jokowi.

Dalam pertemuan ini gestur Jokowi dan Prabowo terlihat lepas. Ketika memasuki ruangan Pukul 15.05 WIB, Prabowo terlihat penuh dengan senyuman. Ketika perbincangan di antara keduanya selesai pukul 15.55 WIB, Prabowo dan Jokowi keluar sambil tertawa lepas.

Ini kali kedua Prabowo bertemu Jokowi setelah Pilpres 2019 selesai. Prabowo sempat menemui Jokowi di Stasiun MRT Lebak Bulus kemudian naik kereta bersama menuju mall fX Senayan untuk makan siang bareng pada Sabtu 13 Juli 2019.

Tak lama Prabowo bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta, pada 24 Juli 2019. Megawati sempat menghidangkan menu nasi goreng kesukaan Prabowo di kediamannya.

Berita terkait
Syarat untuk Oposisi Jika Masuk Kabinet Jokowi-Maruf
Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq tidak mempermasalahkan jika partai politik dari opoisi masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-Maruf.
Jokowi Sebut Hubungannya dengan Prabowo Sangat Mesra
Usai melakukan pertemuan, Presiden Jokowi mengatakan saat ini hubungannya dengan Ketum Partai Gerindra sangat mesra.
Jokowi dan Prabowo Bahas Gerindra Masuk Pemerintahan
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto bahas Partai Gerindra masuk dalam gerbong partai koalisi pendukung pemerintahan.
0
@digeeembok Ada Karena Respons Polisi Lambat
Stanislaus Riyanta menilai akun Twitter @digeeembok ada, karena lambatnya penegakan hukum di Indonesia.