Onani Sebabkan Ejakulasi Dini? Ini Kata Ahli

Tak sedikit mitos yang beredar di masyarakat mengenai onani atau masturbasi bisa menyebabkan ejakulasi dini pada pria. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Alat Kelamin. (Foto: Pixabay/derneuemann)

Jakarta - Onani atau masturbasi merupakan kegiatan seksual yang normal dilakukan. Namun, tidak sedikit mitos yang beredar di masyarakat mengenai kegiatan seksual satu ini, salah satunya bisa menyebabkan ejakulasi dini. Lantas, benarkah?

Psikolog Klinis Inez Kristanti mengatakan sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa seorang pria yang melakukan onani atau masturbasi bisa menyebabkan ejakulasi dini. 

"Malah beberapa treatment yang digunakan untuk mengatasi ejakulasi dini itu melibatkan masturbasi yang terkontrol," katanya melalui channel YouTube Gue Sehat, seperti dikutip Tagar, Kamis, 13 Agustus 2020.

Dia menjelaskan ejakulasi dini adalah pola ejakulasi yang berulang dan persiten yang terjadi dalam waktu kurang dari satu menit setelah dilakukannya hubungan seksual intercourse atau senggama. 

"Sehingga ejakulasi itu terjadi sebelum orangnya itu mau benar-benar ejakulasi," ucap Inez.

Sebenarnya penyebab dari ejakulasi dini sendiri beragam, tapi ada hal yang mendasarinya. Pertama, seseorang sedang mengalami ejakulasi dini sedang mengalami depresi atau kecemasan, bahkan mungkin sedang marah terhadap pasangannya.

Selain itu, mungkin seseorang tersebut sedang merasa rendah diri atau memiliki low self esteem. "Kemudian yang berikutnya adalah perasaan bersalah dalam melakukan hubungan seksual, itu juga bisa menjadi faktor penyebab ejakulasi dini," ujar Inez.[]

Baca Juga:

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Masturbasi

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi

Berita terkait
GSI Lab Bisa Lakukan 5.000 Tes Swab-PCR per Hari
Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) resmi membuka laboratorium tes PCR untuk pemeriksaan spesimen Covid-19 berskala besar yakni 5.000 per hari.
Aturan Pemeriksaan Kehamilan Saat Pandemi Corona
Selama pandemi Corona, mungkin banyak ibu hamil yang khawatir memeriksakan kandungannya ke rumah sakit. Berikut panduan agar pemeriksaan bisa aman.
Ciri-ciri Seseorang Hiperseks yang Perlu Diwaspadai
Seseorang yang hiperseks tentu kondisi ini tidak baik untuk kesehatan mental dan psikologis. Berikut ciri-ciri hiperseks yang perlu diwaspadai.
0
David Beckham Refleksikan Perjalanannya Jadi Pahlawan untuk Inggris
David Beckham juga punya tips untuk pesepakbola muda, mengajak mereka untuk menikmati momen sebelum berlalu