UNTUK INDONESIA
OJK Pungut Iuran Rp 6 Triliun Sepanjang 2019
OJK membeberkan besaran iuran yang dihimpun dari sejumlah pelaku industri jasa keuangan sepanjang 2019 lalu.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso. (Foto: Instagram/@wimboh.ojk)

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan besaran iuran yang dihimpun dari sejumlah pelaku industri jasa keuangan selama 2019 lalu. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan realisasi penerimaan pungutan pada sepanjang tahun lalu berjumlah Rp 5,99 triliun dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Besaran itu merepresentasikan 98,83 persen dari target penerimaan pungutan 2019 yang ditetapkan Rp 6,06 triliun," ujar Wimboh di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

Dari dokumen yang diterima Tagar, realisasi penerimaan OJK disumbang oleh beberapa lini industri keuangan. Sektor perbankan menjadi kontributor utama dengan iuran mencapai Rp 4,02 triliun. Kemudian, diikuti oleh pasar modal sebesar Rp 894,38 miliar, industri keuangan nonbank (IKNB) Rp 775,46 miliar, dan manajemen strategis Rp 299,55 miliar.

Adapun pada 2018, realisasi pungutan oleh OJK adalah sebesar Rp 5,5 triliun atau meleset dari target awal yang ditetapkan sebesar Rp 5,6 triliun. 

Sementara untuk pos pengeluaran, lembaga independen bentukan pemerintah itu diketahui menghabiskan dana sebesar Rp 5,47 triliun, atau sekitar 98,94 persen dari pagu anggaran 2019 yang ditetapkan Rp 5,52 triliun.

"Semua bidang mencatatkan realisasi anggaran di atas 98 persen. Sisa anggaran hasil efisiensi dan optimalisasi sebesar Rp 58,74 miliar digunakan untuk memenuhi pembayaran kewajiban pajak OJK," kata Wimboh. []

Berita terkait
Langgar Aturan, OJK Cabut Izin Recapital Sekuritas
OJK memberikan sanksi kepada PT Recapital Sekuritas Indonesia sebesar Rp 1,3 miliar karena dinilai melanggar sejumlah aturan industri keuangan.
Alasan OJK Pilih Jelaskan Jiwasraya Secara Tertutup
Ketua OJK Wimboh Santoso memilih memberikan penjelasan tertutup pada Rapat Panitia Kerja Asuransi Jiwasraya.
Menilik Rapor OJK, Klaim Angkat Pertumbuhan Ekonomi
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengkliam telah melakukan serangkaian upaya yang berimplikasi pada penciptaan industri jasa keuangan yang sehat.
0
Penyuap Saiful Illah Segera Disidangkan di Surabaya
KPK telah melimpahkan berkas perkara dua penyuap Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah, Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi ke Jaksa Penuntut Umum.