UNTUK INDONESIA
Nikmatnya Santapan Burasa dan Sop Konro Makassar
Sop konro dan burasa dua makanan yang menjadi favorit bagi masyarakat di Sulawesi Selatan.
Sop konro dan burasa dua makanan yang menjadi favorit bagi masyarakat di Sulawesi Selatan kala perayaan momen hari raya Idul Adha. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Maros – Sop konro dan burasa dua makanan yang menjadi favorit bagi masyarakat di Sulawesi Selatan kala perayaan momen hari raya Idul Adha. Konro sendiri merupakan masakan yang bahan dasarnya bagian tulang sapi. Sementara burasa merupakan makanan yang terbuat dari nasi santan yang dibungkus pakai daun pisang.

Subaedah, salah satu warga di Maros mengatakan setiap tahunnya pada momen Idul Fitri selalu membuat burasa yang akan disantap dengan sop konro. Sop konronya sendiri kata Subaedah sangat spesial karena berasal dari hewan kurban yang baru saja disembelih.

“Paling enak menyantap sop konro dan burasa setelah dilakukan pemotongan hewan kurban. Apalagi sop konronya berasal dari tulang sapi yang baru dipotong jadi sangat segar,” kata Subaedah, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Paling enak menyantap sop konro dan burasa setelah dilakukan pemotongan hewan kurban.

Wanita berusia 48 tahun itu mengatakan, sop konro sendiri merupakan masakan khas Bugis dan Makasar yang memiliki tekstur kuah gurih sedap cenderung berlemak, namun juga segar karena diberi air perasan jeruk nipis.

“Untuk menikmati menu ini bisa saja dilakukan pada momen yang lain, tapi pada saat momen Idul Adha menu ini tidak pernah terlewat,” katanya.

Bagi Subaedah, menikmati sop konro dan burasa saat momen Idul Adha ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh keluarga besarnya. Untuk menikmati sop konro yang nikmat dapat dilengkapi dengan perasa jeruk nipis, taburan bawang goreng, dan sambal. []

Baca juga: 

Berita terkait
Bassang, Kuliner Khas Makassar yang Sudah Langka
Satu lagi kuliner khas Makassar yang sudah jaran dijumpai di gang-gang di kota Makassar yakni Basang
Barobbo, Kuliner Primadona dari Makassar
Salah satu yang makanan yang wajib dicoba adalah Barobbo, satu jenis penganan tradisional berbahan dasar jagung khas kota Makassar.
Kuliner Tradisional Khas Nusantara yang Sudah Langka
Kuliner tradisional menjadi salah satu daya tarik para wisatawan Nusantara dan mancanegara. Namun keberadaanya kini sudah sangat langka.
0
Korban Kebakaran di Bumi Permai Dimakamkan di 1 Liang Lahat
Penyebab kebakaran yang menewaskan satu keluarga dan menghanguskan empat rumah di Perumahan Bumi Permai akhirnya terungkap.