UNTUK INDONESIA
New Normal, Singapura Kembali Buka untuk Turis Asing
Singapura kembali membuka negaranya bagi para turis asing. Namun, hanya berlaku untuk wisatawan dari New Zealand dan Brunei Darussalam.
Changi Airport, Singapura. (Foto: Instagram/@wccl123)

Jakarta - Di era new normal, pemerintah Singapura kembali membuka negaranya bagi para turis asing yang ingin datang ke sana. Langkah tersebut, diambil setelah pemerintah Singapura sempat menutup pintu kedatangan bagi wisatawan mancanegara dari semua negara sejak virus corona atau Covid-19 merebak dan menjadi pandemi pada Maret 2020.

Dikutip dari Kyodo, Menteri Transportrasi Singapura, Ong Ye Kung, mengatakan kebijakan tersebut diambil untuk kali pertama Singapura kembali membuka diri bagi turis asing. "Ini adalah sebuah langkah kecil sekaligus waspada untuk kembali membuka penerbangan, menghidupkan Bandara Changi dan Singapore Airlines," katanya seperti diberitaman Antara.

Rencana dibuka kembalinya Singapura untuk turis asing akan berlangsung mulai 8 September 2020 mendatang, namun hanya berlaku untuk wisatawan dari dua negara yakni Selandia Baru dan Brunei Darussalam. Sebab, kedua negara tersebut memiliki jumlah kasus Covid-19 di bawah 0,1 infeksi per 100 ribu populasi.

Nantinya, turis asal Brunei Darussalam hanya perlu menyerahkan surat keterangan hasil rapid test Covid-19. Selain itu, mereka tidak perlu untuk menjalani isolasi ata karantina selama 14 hari saat tiba di Singapura.

Sejauh ini, tercatat ada 56 ribu kasus Covid-19 di Singapura, dan sebagian besar kasus terjadi di asrama pekerja migran yang sudah diisolasi. Dari jumlah tersebut, terhitung sebanyak 27 orang meinggal dunia akibat Covid-19.

Meski sejauh ini pembukaan kedatangan ke Singapura masih terbatas, langkah ini dinilai menjadi cara terbaik agar negaranya tetap terhubung dengan dunia. "Kegiatan ekonomi semakin terbuka, untuk mencari pendapatan, berkembang dan makmur, kami tetap harus menjadi pusat penerbangan," ucap Ong Ye Kung.

Informasi dibukanya kembali lalu lintas penerbangan dari Selandia Baru dan Brunei Darusaalam ke Singapura, turut mendapatkan sambutan baik oleh Juru Bicara Channgi Airport Group, Ivan Tan. "Ini adalah awal yang menggembirakan. Kami berharap ke depan jalur penerbangan lainnya akan dibuka secara bertahap," ujarnya. []

Baca Juga:

Pariwisata Hawaii Amerika Serikat Tolak Turis Asing

Telaga Biru Ere Manerang, Surga Kecil di Bulukumba

Berita terkait
Aturan Menginap di Hotel Saat Era New Normal
Memasuki era new normal, sektor pariwisata seperti hotel atau penginapan sudah mulai dibuka kembali.
Panduan Berkunjung ke Dufan Selama New Normal
Dunia Fantasi (Dufan) sudah kembali dibuka sejak Sabtu, 20 Juni 2020. Berikut peraturan yang harus diperhatikan pengunjung saat ke Dufan.
Peraturan Pendakian Gunung Prau Selama New Normal
Semua jalur pendakian Gunung Prau mulai kembali dibuka Senin, 10 Agustus 2020. Berikut peraturan yang harus diterapkan oleh para pendaki.
0
Jika Terlibat Bentrok, Mahasiswa UNM Kena Sanksi
Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang terlibat Demo bentrok.