Nasib Pria Gila Usai Mengamuk dan Rampas Mobil Warga Jepara

Pria gila di Jepara mengamuk serta merampas mobil dan motor milik warga Troso. Sempat dihajar warga sebelum akhirnya dibawa polisi ke rumah sakit.
Ilustrasi orang mengamuk. Pria gila di Jepara mengamuk serta merampas mobil dan motor warga Desa Troso. Pria tersebut akhirnya diringkus dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawataan kejiwaan. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jepara - Seorang pria mengamuk serta merampas mobil dan motor milik warga di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Belakangan diketahui orang tersebut mempunyai gangguan kejiwaan

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jepara Ajun Komisaris Polisi Johan Andika membenarkan adanya kejadian terebut. Beruntung pria berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu dapat diamankan  dan kini menjalani perawatan kejiwaan di RSUD RA Kartini Jepara. 

"Itu kejadiannya Sabtu, 5 Desember 2020 lalu waktunya sore sekitar pukul 17.30 WIB," ujar johan saat dikonfirmasi Tagar, Rabu, 9 Desember 2020.

Di perbatasan Desa Troso dan Ngabul, dia sempat dihadang oleh mobil polisi yang sedang patroli.

Untuk kronologinya, lanjut Johan, sore itu ada pria ODGJ ngamuk di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan. Ia membawa sanjata tajam berupa arit untuk mengancam warga.

ODGJ itu sempat mendatangi rumah Kepala Desa Troso. Di sana, dia melayangkan ancaman dengan mengalungkan arit ke leher sang petinggi sembari meminta uang senilai Rp 1 juta.

Tak hanya itu, ODGJ tersebut juga meminta kunci mobil Ertiga milik petinggi. Dan usai mendapatkan kunci, mobil dibawa kabur ke arah Cemara Kembar.

"Di perbatasan Desa Troso dan Ngabul, dia sempat dihadang oleh mobil polisi yang sedang patroli. Namun sayang, dia berhasil lolos usai mengancam dan membawa kabur motor PCX seorang pengendara yang sedang lewat," tutur Johan.

Baca juga: 

ODGJ itu kemudian lari menuju Tugu Pentol Desa Troso. Di tempat tersebut akhirnya dia berhasil ditangkap warga. Sempat jadi bulan-bulanan warga, yang bersangkutan akhirnya diamankan polisi. Ia selanjutnya dibawa ke RSUD Kartini untuk mendapat perawatan kejiwaan. []

Berita terkait
Hilang 15 Hari, ODGJ Tepergok Mencuri di Masjid Agung Kudus
Pria muda tepergok satpam Masjid Agung Kudus mencuri barang elektronik. Ternyata pelaku adalah ODGJ yang hilang 15 hari.
ODGJ di Kudus Bakar Rumah Warisan
ODGJ di Kudus nekat berupaya membakar rumah warisan yang ditinggalinya. Ia diringkus dan dibawa ke rumah sakit.
4 ODGJ di Yogyakarta Meninggal, 2 Positif Corona
Empat ODGJ di Yogyakarta meninggal dunia, dua di antaranya positif corona. ODGJ termasuk rentan terpapar virus ini.
0
Aksi Perlawanan Pegawai KPK Tak Lolos TWK Berlanjut ke MK
Aksi perlawanan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos TWK terus berlanjut hingga ke Mahkamah Konstitusi soal uji materi.