UNTUK INDONESIA
NasDem Bagi 5000 Masker untuk Warga Labuan Bajo NTT
DPD Partai NasDem Labuan Bajo membagikan 5000 masker ke warga Labuan Bajo NTT.
Pembagan masker dari DPD NasDem NTT untuk warga Labuan Bajo. (Foto: Tagar/NasDem)

Manggarai Barat - Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (NasDem) membagikan 5000 masker secara gratis untuk warga di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 14 April 2020.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satu protokol kesehatan di saat krisis pandemi virus mematikan ini, yakni keluar rumah wajib memakai masker.

Ini hanya tahap awal saja, nanti akan ada penambahan lagi.

Sebanyak 5000 masker telah dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, Selas 14 April 2020 siang.

"Ini hanya tahap awal saja, nanti akan ada penambahan lagi," ungkap Matheus Siagian, anggota Partai NasDem Mabar yang dikonfirmasi Tagar, Selasa 14 April 2020.

Ia mengatakan, emak-emak samapai berdesakan ketika kegiatan bagi-bagi masker gratis yang dilakukan bersama para anggota DPD NasDem Mabar dan  Garda Wanita (Garnita).

"Tak sedikit dari mereka menyatakan rasa bersyukur, lantaran masker layak pakai untuk menjaga diri, termasuk barang langka di Labuan Bajo," ujar Matheus.

Matheus menjelaskan, 5000 masker kain tiga lapis dengan filter kertas tissue tersebut, penting digunakan oleh masyarakat ketika berada di tempat umum atau keramaian.

Spesifikasi masker tiga lapis, lanjutnya, sesuai dengan imbauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang telah diumumkan beberapa pekan waktu lalu di Jakarta.

Menurut BNPB, lanjut dia, penggunaan masker yang menutup sebagian wajah dari hidung hingga sekitar bagian atas dagu ini, akan melindungi diri dari penularan droplets yang masuk lewat tiga pintu utama, mata, hidung, serta mulut.

Ia menambahkan, ketersediaan masker kain tiga lapis di kota pelabuhan ini semakin menipis. Upaya berbela rasa sangat dinanti guna memenuhi kebutuhan non-pangan ini. "Gerakan ini belum selesai. Kita sudah pesan (masker) lagi, tapi masih dalam perjalanan dari luar daerah," tutup Matheus. []

Berita terkait
4 Kesalahan Pakai Masker Saat Pandemi Covid-19
Tidak sedikit masyarakat asal pakai masker dengan berbagai alasan seperti terburu-buru sehingga cuma menempel di mulut. Pakai masker ada caranya.
Polisi Tertibkan Pengendara Tanpa Masker di Maros
Polres Maros menggelar Operasi Keselamatan 2020. Operasi ini tidak memfokuskan terhadap surat kendaraan tetapi juga pengendara tak pakai masker.
Pidana Bagi Warga Tak Pakai Masker di Wilayah PSBB
Untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) pemerintah, terutama pemerintah kabupaten dan kota, lebih memilih PSBB daripada tes swab
0
Perusahaan di Jabar Pastikan Karyawan Bebas Covid-19
Pemprov Jabar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan pengawasan dan inspeksi baik sebelum dan setelah PSBB diberlakukan