UNTUK INDONESIA
Nama Calon Plt Bupati di Mateng, Mamuju dan Majene
Gubernur Sulbar telah mengirimkan sembilan nama pejabat Pemprov ke Kemendagri untuk menjadi Plt bupati di tiga Kabupaten melaksanakan Pilkada.
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamuju - Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar telah mengirim sembilan nama calon Pelaksana tugas (Plt) bupati untuk tiga kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Dari sembilan nama tersebut nantinya akan dipilih tiga orang untuk menjadi Plt Bupati Mamuju Tengah, Mamuju, dan Majene.

Plt Kepala Biro Tata Pemerintahan Sulawesi Barat, Saleh Rahim membenarkan jika Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sudah mengirimkan sembilan nama ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk dipilih siapa yang akan menjadi Plt bupati.

Jadi, mereka akan cuti selama 71 hari sebelum pemilihan, mulai 23 September 2020.

"Tiap kabupaten memiliki tiga calon Plt bupati. Salah satunya akan dipilih oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi Plt," ujar Saleh Rahim kepada Tagar, Senin, 31 Agustus 2020.

Dia mengungkapkan bahwa pemilihan Plt bupati di tiga kabupaten di Sulbar dilakukan karena petahana yang akan maju pada Pilkada 2020 harus cuti selama masa kampanye.

"Jadi, mereka akan cuti selama 71 hari sebelum pemilihan, mulai 23 September 2020," tuturnya.

Petahana akan maju pada Pilkada 2020 di Sulbar yakni Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Mamuju dan Majene. Sedangkan Bupati Pasangkayu tidak dapat mencalonkan diri kembali karena sudah dua periode menjabat sebagai bupati.

"Nama-nama yang diusulkan Pemprov Sulbar, untuk Plt Bupati Mamuju yakni Sekretaris DPRD Sulbar Wahab Hasan Sulur, Kadis PTSP, Muhammad Rahmat Sanusi dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Rahmad," kata Saleh.

Untuk Plt Bupati Mateng, kata Saleh, Pemprov mengusulkan Kepala Dinas Sosial, Andi Bau Akram, Kepala Biro Kesra Setda Sulbar, Bujaerami, serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Muhtar.

"Sedangkan Plt Bupati Majene, Pemprov mengusulkan Asisten I, M Natsir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Jaun, dan Kepala Dinas Kehutanan Sulbar, Hamzah,"katanya.

Saleh mengatakan bahwa seluruh calon Plt bupati yang diusulkan Pemprov ke Kemendagri adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Sulbar.

"Untuk menentukan siapa yang bakal terpilih sebagai Plt bupati di tiga kabupaten, kami masih menunggu keputusan Mendagri,"katanya.

Sementara itu Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar berharap siapapun terpilih nantinya dapat mengawal pemerintahan dengan baik di wilayah masing-masing.

"Kita harap mereka mengemban amanah sebaik-baiknya, tidak memihak ataupun mendukung salah satu paslon," ucap Ali Baal Masdar. []

Berita terkait
PKS Resmi Usung Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju Sulbar
PKS resmi mengusung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju.
Pemkab Mamasa Sulbar Bohong Soal Tambang
Aliansi pemuda dan mahasiswa Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) sebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bohong soal tambang.
Aliansi Mahasiswa Sebut, DPRD Mamasa Sulbar PHP
Aliansi pemuda dan mahasiswa kabupaten Mamasa menyegel gedung DPRD Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Ini alasannya.
0
Bioskop di Jakarta Dibuka, 1 Ruangan Bisa Dirental Sekeluarga
Penikmat film diberikan tawaran rental cinema pribadi dalam jaringan bioskop di Jakarta. Satu ruangan bisa nonton cuma sekeluarga.