Nadiem: PTM Terbatas Tetap Lanjut Meski Ada Kasus C-19

Mendikbudristek Nadiem Makarim telah menganjurkan pembukaan sekolah tatap muka di wilayah PPKM Level 3 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. (Foto: Tagar/Instagram/@nadiemmakarim)

Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (Mendikbudristek) Nadiem Makarim telah menganjurkan pembukaan sekolah tatap muka di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3. 

Meski demikian, ribuan sekolah justru menjadi klaster Covid-19 di masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas ini. Menanggapi hal tersebut, Nadiem Makarim lantas menegaskan bahwa PTM terbatas masih akan dilanjutkan. 

"Itu terus kita monitor. Bukan berarti PTM-nya akan diundur, masih harus jalan. PTM terbatas masih dilanjutkan," ucap Nadiem di DPR RI, Kamis, 23 September 2021. 


Sekolah yang mulai melakukan PTM terbatas sebanyak 46.580 satuan pendidikan. Sementara jumlah laporan dari satuan pendidikan terkait penularan Covid-19 di satuan pendidikan relatif kecil.


Ia juga meminta agar sekolah yang menggelar PTM terbatas menguatkan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, pihak sekolah juga diminta untuk terbuka kepada pemerintah terkait kondisi di lingkungannya. Apabila ditemukan kasus Covid-19, maka sekolah yang bersangkutan harus segera ditutup.

"Protokol kesehatan harus dikuatkan, tapi sekolahnya masing-masing kalau ada kasus klaster ya harus ditutup segera," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen Pauddikdasdikmen) Kemendikbudristek, Jumeri, memaparkan ada 1.296 sekolah yang melaporkan penularan Covid-19. Dari total 46.580 satuan pendidikan, maka sekolah yang melaporkan Covid-19 hanya kurang dari tiga persen saja.

"Sekolah yang mulai melakukan PTM terbatas sebanyak 46.580 satuan pendidikan. Sementara jumlah laporan dari satuan pendidikan terkait penularan Covid-19 di satuan pendidikan relatif kecil, yaitu 2,8 persen atau 1.296," ujar Jumeri.  []

Berita terkait
Mendikbudristek Instruksikan Sekolah Tak Ragu Gelar PTM
Sekolah di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sampai 3 tidak ragu menggelar pembelajaran tatap muka.
Jokowi Minta Jika Sudah Divaksin Covid-19 Segerakan PTM Terbatas
Presiden Jokowi tegaskan segera kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas jika ada di Level 3 dan pelajar serta pendidik sudah divaksinasi
Pelaksanaan PTM Tak Perlu Menunggu Vaksinasi Pelajar Selesai
Vaksinasi pelajar memang tidak menjadi kriteria untuk sekolah menerapkan PTM. Tapi, vaksinasi guru menjadi kriteria untuk melaksanakan PTM.
0
Puan Maharani Dukung Transformasi Digital bagi UMKM
ketua DPR RI Puan Maharani mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM yang diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi.