UNTUK INDONESIA
Mundur dari Stafsus, Belva Devara Trending di Twitter
Nama Belva Devara masuk di jajaran trending topic media sosial Twitter, menyusul pengunduran diri dari jabatanya sebagai stafsus presiden.
CEO Ruang Guru, Belva Devara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Instagram/belvadevara)

Jakarta - Nama Belva Devara masuk di jajaran trending topic media sosial Twitter, menyusul pengunduran diri bos Ruang Guru itu dari jabatannya sebagai salah satu Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari kalangan milenial.

Sejumlah warganet memuji tindakan Belva yang mengundurkan diri demi menhindari polemik terkait dugaan adanya konflik kepentingan antara posisinya sebagai CEO Ruang Guru dan stafsus presiden. Diketahui, Ruang Guru merupakan perusahaan rekanan pemerintah dalam program Kartu Prakerja.

Seorang netizen dengan akun @shuuyanx misalnya, ia memuji langkah Belva yang mengundurkan diri lantaran tidak ingin terus berada di pusaran polemik. Ia juga berharap agar pemuda lulusan Harvard University dan Stanford University itu terus berdedikasi kepada bangsa dan negara.

"Langkah bagus, Belva! Kamu sudah menjadi orang besar sekarang dan mengundurkan diri dari jabatan Stafsus Presiden akan menjauhkanmu dari persoalan yang rumit. Terus mendidik bangsa kita dengan integritas yang kamu punya," cuit @shuuyanx dalam bahasa Inggris.

Belva DevaraCEO Ruang Guru, Belva Devara. (Foto: Instagram/belvadevara)

Namun begitu, sebagian netizen justru menilai langkah Belva tak patut dipuji. Pasalnya, ia memutuskan berhenti menjadi stafsus presiden setelah perusahaannya mendapat proyek besar dalam program pelatihan Kartu Prakerja.

"abis startupnya dpt proyek pemerintah trs dia mundur dr stafsus dgn alasan menghindari polemik. Tp emang gimana pun langkah yg diambil, persepsi masyarakat ttp udah kesel aja ama ini org. Haha," cuit akun @Zae_ahmd.

"Ada dua sisi, mundur setelah dapat Proyek itu hal yg membuat raung guru akan buruk predikatnya ya @AdamasBelva kalau Proyek 5.6T nya tidak ditolak dan dihentikan. Mundur nya Belva akan menjadi Polemik. Sebaik nya batalkan kontrak 5.6T kalau belva ingin menunjukan niat baiknya," tulis akun @RFauzy5.

Baca juga: Bos Ruangguru Adamas Belva Mundur dari Stafsus Jokowi

"Di negara mana pun pejabat mundur dr jabatannya org2 pd respect. Ini belva mundur dr jabatannya masih aja di serang. Kenapa ga sekalian Ruang Guru juga ngundurin diri dari prakerja? Kata salah satu netizen. Berarti dia cuma mundur dr stafsus yg gajinya 51 jt doang dong drpd.....," kata akun @Nezzaraga.

Berita terkait
Indef: Stafsus Milenial Lain Harus Ikuti Langkah Belva
Peneliti ekonomi Indef Bhima Yudhistira mengapresiasi mundurnya Adamas Belva Devara sebagai Staf Khusus Presiden Jokowi dari kalangan milenial.
Jokowi, Ketika Adamas Belva Devara Menyatakan Mundur
Pihak Istana angkat suara terkait kabar pengunduran diri Staf Khusus Presiden Jokowi, Adamas Belva Devara yang juga adalah bos Ruangguru.
PPP ke 2 Stafsus Presiden: Baca UU ASN dan Administrasi!
Komisi III DPR Fraksi PPP menganggap masalah yang bersumber dari 2 stafsus presiden karena tak membaca UU ASN dan UU Administrasi Pemerintahan.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.