Munas Ulama PPP, Anies Baswedan: Pentingnya Persatuan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pentingnya persatuan bagi Indonesia dan hal ini perlu dijaga untuk Indoensia sejahtera masyarakat.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tagar/Pemprov DKI)

Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pentingnya persatuan bagi Indonesia dan hal ini perlu dijaga untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Hal ini disampaikan Anies dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Pondok Pesantren Fadlul Fadlan, Semarang, Jawa Tengah

"Persatuan adalah ikhtiar manusia, persatuan adalah hasil kerja kita. Jadi yang harus kita dorong itu persatuan," ujar Anies di Pondok Pesantren Fadlul Fadlan yang dipantau secara daring, Minggu, 17 Oktober 2021.


Jadi kata terpentingnya adalah tunggal jadi itu yang membedakan Indonesia dibanding dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.


Ia mengatakan keberagaman merupakan ciptaan Allah yang harus diterima oleh manusia. Untuk itu, diperlukan persatuan yang merupakan hasil kerja manusia yang perlu terus dijaga oleh rakyat Indonesia.

DKI Jakarta, kata Anies, yang dipimpinnya sekarang merupakan miniatur dari Indonesia. Pasalnya, di sana terdapat berbagai suku, agama, dan budaya yang disatukan di satu wilayah.

"Semua ada di Jakarta pulau manapun ada, sebutkan kabupaten manapun ada, lengkap. Jadi kalau tanya Jakarta, itu lengkap beragam," ujar Anies.

Keberagaman Indonesia masih kalah dengan negara seperti India, Afghanistan, dan Papua Nugini. Namun yang membedakannya adalah persatuan, seperti jargon PPP, yakni merawat persatuan dengan pembangunan.

"Jadi kata terpentingnya adalah tunggal, jadi itu yang membedakan Indonesia dibanding dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia," ujar Anies.

Kehadiran Anies Baswedan cukup menyita perhatian, terlebih saat Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa memberikan sorban serta tasbih kepada Anies, sebagai satu dari empat gubernur, yang memang diundang pada Munas Alim Ulama PPP kali ini.

Anies Baswedan menyampaikan, jika sorban dan tasbih yang diberikan kepadanya adalah sebuah bentuk kehormatan. Ia melihat pemberian itu merupakan sebuah kehormatan karena ia mendapatkannya dari alim ulama. Oleh karena itu ia akan merawat dan memanfaatkannya dengan baik.

“Saya akan akan merawat serta menggunakannya sorban dan tasbih ini untuk beribadah,” ucap Anies. []

Berita terkait
Sosok Giring Ganesha yang Sebut Anies Baswedan Pembohong
Ketua DPP PSI Giring Ganesha menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pembohong. Berikut profil Giring.
Anies Baswedan Pecat Staf Sekretariat Jakbar Karena Korupsi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberhentikan Staf Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Barat Tri Prasetyo Utomo karena terbukti korupsi.
Kekayaan Anies Baswedan Menurun Usai Menjabat 4 Tahun
KPK melaporkan harta kekayaan yang dimiliki para pejabat negara dan menteri salah satu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berikut kekayaannya.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi