Ada Transport Hub, Jakarta Bisa Seperti Kota Besar di Dunia

Transport hub ini akan berorientasi pada pejalan kaki, pengguna sepedadan ruang terbuka publik yang bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meletakkan batu pertama pembangunan Transport Hub Dukuh Atas. (Foto: Tagar/Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking transport hub Dukuh Atas yang terletak di Pasar Blora, Menteng, Jakarta Pusat. Fasilitas itu diharapkan bisa mengangkat nama Jakarta sejajar dengan kota besar di dunia.

"Pembangunan kawasan ini diharapkan bisa mencerminkan orientasi masa depan, yang diharapkan menjadi pemicu regenerasi perkotaan, sehingga Jakarta sejajar dengan kota-kota besar lain di dunia dan sebagai perwujudan dari liveable city," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 Oktober 2021.

Transport hub tersebut merupakan salah satu fasilitas yang dibangun di Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Dukuh Atas. Anis menjelaskan, Transport hub ini akan berorientasi pada pejalan kaki, pengguna sepedadan ruang terbuka publik yang bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas.

"Titik ini di kawasan Dukuh Atas menjadi kawasan pertama, di mana kita lakukan pembangunan dengan konsep berorientasi transit," ujarnya.

Anies berharap, dengan menggunakan pendekatan transportasi umum terintegrasi, warga Jakarta akan memiliki kemudahan dalam memperoleh akses transportasi baik dari segi fasilitas maupun biaya.

"Itu adalah konsep yang hari ini sedang dilaksanakan, dan sore ini kita menyaksikan pencanangan Simpang Temu (transport hub) yang mudah-mudahan tuntas sesuai jadwal," tutup Anies.

Transport hub Dukuh Atas ditargetkan selesai pada April 2023. Fasilitas ini dibangun di atas tanah seluas 3.129 meter persegi. Berdasarkan sertifikat lahan, yang akan digunakan untuk pembangunan sekitar 2.445 meter persegi pada lahan Perumda Pasar Jaya. []


Baca Juga




Berita terkait
Anies & Erick Resmikan Integrasi Transportasi Jabodetabek
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan Integrasi Transportasi Jabodetabek.
Anies Tinjau Vaksinasi & Serahkan Beasiswa untuk Anak-anak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri vaksinasi dan menyerahkan beasiswa untuk anak-anak yatim piatu karena terdampak pandemi Covid-19.
Sosok Giring Ganesha yang Sebut Anies Baswedan Pembohong
Ketua DPP PSI Giring Ganesha menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pembohong. Berikut profil Giring.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat 15 Oktober 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat petir dan angin kencang di Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari.