UNTUK INDONESIA
MPR Minta Pandemi Tak Mengganggu Pelayanan Masyarakat
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta agar pemerintah harus tetap mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram/bambang.soesatyo)

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta agar pemerintah harus tetap mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Menurut Bamsoet, keadaan pandemi Covid-19 memperlihatkan berbagai persoalan birokrasi yang menghambat pelaksanaan program pemerintah serta pelayanan terhadap masyarakat.

"Agar dalam penanganan Covid-19, pemerintah menegaskan pada jajaran birokrasi untuk memprioritaskan penanganan Covid-19 tanpa terkecuali, agar hambatan birokrasi tidak terjadi lagi," kata Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Rabu, 16 September 2020.

Selain itu, mantan Ketua DPR ini juga menegaskan bahwa pemerintah perlu segera melakukan percepatan reformasi birokrasi, mengingat masih adanya regulasi dan kewenangan antarlembaga yang tumpang tindih maupun prosedur pelaksanaan kebijakan yang masih relatif panjang dan berbelit-belit, sehingga dan mengakibatkan sebuah kebijakan yang telah diambil menjadi lambat, bahkan sulit diekseskusi.

"Mendorong pemerintah sebaiknya bersinergi dalam menyelesaikan berbagai persoalan, khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19 sehingga program-program pemerintah terkait pelayanan terhadap masyarakat tidak terhambat dan berjalan sesuai target pemerintah," ucap Bamsoet.

Agar hambatan birokrasi tidak terjadi lagi

Lebih lanjut, Politisi Partai Golkar ini mengatakan agar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terus mengawal reformasi birokrasi di setiap kementerian/lembaga di Indonesia.

Hal itu, kata Bamsoet, perlu dilakukan sebagai upaya memperbaiki birokrasi di kementerian/lembaga untuk menghilangkan ego sektoral maupun tarik-menarik kepentingan antarlembaga.

"Mendorong agar baik KASN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Nasional dan Lembaga Administrasi Negara tetap bersinergi sesuai dengan fungsinya," kata Bamsoet.

"Serta secara bersama membangun sistem aplikasi teknologi informasi untuk memudahkan koordinasi terutama dalam mengambil keputusan agar tidak terjadi kesalahpahaman," ujar dia. []

Berita terkait
Luhut Harus Jalankan 4 Tahapan untuk Tekan Covid-19
Luhut Binsar Panjaitan bersama sejumlah pembantu Presiden Jokowi yang lain harus jalankan 4 tahapan untuk menekan angka penularan Covid-19.
Jokowi Minta Luhut Turunkan Kasus C-19 dalam 2 Pekan
Presiden Jokowi meminta agar Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menurunkan angka kasus Covid-19 dalam waktu dua pekan.
PSBB Rentan PHK, Bamsoet Minta Pemda Ubah Sistem Kerja
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyoroti penyesuaian sistem kerja di daerah guna meminimalisir potensi PHK jika PSBB diberlakukan.
0
Penjelasan Pemkot Semarang soal Anggaran Covid-19
Refocusing anggaran, Pemkot Semarang mampu kumpulkan Rp 200 miliar untuk penanganan Covid-19. Rp 103 miliar sudah digunakan.