UNTUK INDONESIA
Luhut Harus Jalankan 4 Tahapan untuk Tekan Covid-19
Luhut Binsar Pandjaitan bersama sejumlah pembantu Presiden Jokowi yang lain harus jalankan 4 tahapan untuk menekan angka penularan Covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta sejumlah pembantunya di Kabinet, termasuk Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk bekerjasama dalam mengawasi serta memantau langsung perkembangan penanganan Covid-19 pada 9 provinsi.

Selain Luhut, nama lain yang diminta Jokowi di antaranya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Donardo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Sembilan provinsi yang dimaksud ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Bali.

"Target yang diharapkan penurunan penambahan kasus harian, kedua peningkatan angka kesembuhan dan ketiga menurunkan angka kematian," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 15 September 2020.

Wiku mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar target itu dapat tercapai dalam waktu dua minggu ke depan. Karenanya, kata dia, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengawalinya. Pertama, menyamakan data antara pusat dan daerah yang diperlukan untuk mengambil keputusan yang cepat.

"Kedua, melakukan operasi yustisi untuk penegakan disiplin protokol kesehatan untuk menindak yang melanggar peraturan. Ketiga, peningkatan manajemen perawatan pasien Covid-19 untuk menurunkan mortality rate (angka kematian) dan meningkatkan recovery rate (angka kesembuhan)," ujar dia.

Kemudian, ia menyebut tahap keempat penanganan secara spesifik kluster-kluster Covid-19 di setiap provinsi tersebut.

"Jadi penanganannya lebih spesifik pada daerah-daerah tertentu, berarti di kabupaten/kota dan juga kita akan lihat kluster-kluster spesifik ada dimana dan harus ditangani segera," tuturnya. []


Berita terkait
Pemerintah Tambah Jumlah Faskes - Nakes Covid-19
Menkes Terawan mengatakan pemerintah terus melakukan persiapan serta penambahan penyediaan tenaga medis dan fasilitas kesehatan tangani Covid-19.
Anies PSBB DKI karena Angka Kematian Covid-19 Meningkat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ungkap maksud penerapan PSBB di ibu kota karena angka kematian akibat Covid-19 meningkat.
Kabareskrim Sigit Prabowo Siap Pidanakan Paslon Pilkada Pelanggar Protokol Covid
Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku siap mempidanakan Paslon Pilkada 2020 yang melanggar protokol Covid-19.
0
Penyebab Pria Meninggal Saat Panen Tebu di Bantul
Seorang warga meninggal saat bekerja memanen tebu di wilayah Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Tidak ada tanda-tanda kekerasan dalam tubuhnya.