UNTUK INDONESIA
Mood Booster, 10 Tanaman Bunga untuk Taman Rumah
Mood booster, 10 tanaman bunga untuk taman rumah. Bunga ini berfungsi menetralisir stres, bangkitkan good mood.
Mood Booster, 10 Tanaman Bunga untuk Taman Rumah | Ilustrasi aktivitas menanam bunga di tamah rumah. (Foto: The Spruce)

Jakarta, (Tagar 19/8/2018) - Stres atau ketegangan kehidupan modern adalah alasan utama orang memiliki suasana hati yang buruk. Faktor psikologis lainnya juga memiliki peran untuk dimainkan. Kadang-kadang fakta bahwa kita secara fisik tidak sehat merusak suasana hati kita. Di atas semuanya, sering kita melihat bahwa ada hormon yang bermain yang memperburuk suasana hati kita. Sekarang, tidak ada gunanya merenung tentang mengapa suasana hati kita buruk dan merasa buruk tentang hal yang sama.

Satu-satunya jalan keluar dari ini adalah mencari cara dan sarana untuk meningkatkan suasana hati sehingga Anda tidak merasa kesal. Dengan berusaha keluar dari mood buruk Anda, Anda benar-benar akan membuat diri Anda lebih produktif.

Fakta bahwa orang-orang melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka hanya ketika mereka selaras dengan alam. Dengan demikian, dengan mengelilingi diri kita dengan tanaman bunga akan mampu mengubah suasana hati kita yang buruk. 

Dilansir Boldsky berikut ini 10 tanaman bunga berfungsi sebagai mood booster, kehadirannya di sekitar kita, di taman rumah akan menumbuhkan suasana hati yang baik dalam diri setiap orang. 

1. Mawar

MawarMawar. (Foto: Blooming Rose)

Bunga khusus ini sering dikaitkan dengan emosi cinta dan kasih sayang. Mawar tersedia dalam beberapa warna. Masing-masing warna ini menandakan sesuatu yang berbeda, tetapi semuanya memainkan kontribusi yang sama untuk peningkatan suasana hati. Ini adalah efek gabungan dari penglihatan dan bau mawar yang membuat seseorang merasa baik tentang diri mereka sendiri maupun dunia sekitar.

2. Rosemary

RosemariRosemari. (Foto: Canacopegdl)

Sebagian besar dari kita akrab dengan rosemary dalam bentuk ramuan yang banyak digunakan di dapur. Namun, itu adalah aplikasi rosemary lain yang membuat bunga ini semakin istimewa. Rosemary dikenal membuat seseorang lebih perhatian, dengan demikian, membuat mereka lebih waspada dan lebih bertenaga. Adalah ide yang bagus untuk memiliki tanaman rosemary di kebun rumah Anda seperti yang dikenal untuk membuat Anda lebih ceria.

3. Chamomile

ChamomileChamomile. (Foto: Gardening Know How)

Bunga ini tidak hanya bagus untuk dilihat, tetapi juga memiliki efek menenangkan pada saraf kita. Sebagian besar dari kita akrab dengan rasa lembut dan bunga teh kamomil dan bagaimana konsumsi yang sama membuat Anda merasa jauh lebih baik tentang diri Anda. Ekstrak bunga ini dikenal untuk mengatasi gangguan tidur, terutama di bagian pertengahan usia. Pengangkat suasana hati yang mengesankan, melihat bunga chamomile setiap hari membantu untuk menjaga selalu aktif dan merasa diremajakan.

4. Lavender

LavenderLavender. (Foto: Gardening Express)

Ini adalah salah satu tanaman yang paling mudah ditemukan di India. Penelitian telah menunjukkan bahwa inhalasi minyak lavender menurunkan tingkat stres atau kecemasan. Ini sangat estetis bagi mata, melihatnya dalam jarak dekat selama 6 hingga 8 jam sehari secara signifikan menurunkan kemungkinan seseorang menderita depresi. Ini terutama berlaku dalam kasus depresi pasca-melahirkan.

5. Kemangi

KemangiKemangi. (Foto: Parkseed)

Ini adalah linalool yang hadir dalam kemangi (basil) yang membuatnya begitu kuat. Hal yang sama bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari kerusakan kognitif dan meningkatkan suasana hati seseorang dengan memerangi depresi. Tidak seperti tanaman yang dibahas sebelumnya, ramuan ini tidak terlalu menyenangkan mata atau hidung. Namun, efek ramuan ini di lidah sangat kuat sehingga cukup untuk meningkatkan suasana hati seorang individu.

6. Bawang

BawangBawang. (Foto: Jain Irrigation)

Sangat sedikit dari kita yang bisa memikirkan menyiapkan makanan yang benar-benar tanpa bawang. Meskipun memotong bawang membuat orang merasa berkaca-kaca, faktanya adalah bahwa tanaman ini sarat dengan dukungan jantung yang membangun nutrisi. Dengan meningkatkan aktivitas dopamin di hipotalamus, apa yang dilakukan bawang adalah memperkuat efek antidepresannya.

Seperti kemangi, sebagian besar sifat meningkatkan suasana hati bawang dapat dikaitkan dengan selera manusia. Fakta bahwa menanam dan memelihara tanaman bawang jauh lebih mudah daripada tanaman bunga lainnya membuatnya menjadi favorit dalam daftar.

7. Oregano

OreganoOregano. (Foto: Ali Express)

Ramuan khusus ini adalah sesuatu yang kita kenal dengan para pecinta pizza. Namun, kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa oregano menghasilkan keajaiban dalam membuat seseorang bahagia. Hal yang sama dapat dikaitkan dengan efek antidepresan yang kuat dari ramuan ini.

Keuntungan utama dari ramuan ini adalah Anda dapat menumbuhkannya bahkan jika Anda tidak memiliki kebun besar yang dapat Anda gunakan. Ramuan ini terlihat berkembang dengan baik bahkan di balkon dan jendela yang menerima sinar matahari yang cukup.

8. Adas 

AdasAdas. (Foto: Tanaman Obat)

Ini adalah bunga lain yang tumbuh dengan baik tanpa terlalu banyak perhatian. Bunga ini merupakan sumber nektar untuk lebah, dan daun hijau dan umbels yang datar dari bunga kuning cerah sangat baik untuk mata. Tanaman ini sarat dengan sifat obat dan daun dan akar tanaman ini dikenal untuk meningkatkan tidak hanya suasana hati seorang individu, tetapi juga sistem kekebalan tubuh mereka.

9. Bunga Matahari 

MatahariMatahari. (Foto: Asia Farming)

Pemandangan dan bau bunga matahari yang mencolok cukup untuk meningkatkan suasana hati seorang individu. Secara garis besar, meskipun bunga tertentu ini penuh dengan kebaikan, hal terbaik tentang bunga adalah kehadiran fenilalanin. Komponen khusus ini diketahui bertindak pada hormon kita dan dengan demikian, membuat kita merasa jauh lebih baik.

Untuk membuat segala sesuatunya lebih baik, bunga matahari biasanya ditemukan dalam barisan panjang dan efek dari memiliki begitu banyak bunga sekaligus memperkuat khasiat yang meningkatkan suasana hati dari bunga ini.

10. Yarrow 

YarrowYarrow. (Foto: Herb Wisdom)

Bunga ini banyak ditemukan di perbukitan. Biasanya berwarna putih dan seiring dengan bertambahnya usia, sudut-sudutnya mencapai warna merah jambu. Tersebut adalah keindahan bunga ini yang para ilmuwan telah mengkonfirmasi penggunaannya sebagai pembangkit suasana hati. Hari-hari ini, yarrow digunakan sebagai obat penenang dalam perawatan kecemasan. Hal ini terutama terjadi pada pasien dengan kecemasan yang juga menderita tekanan darah tinggi. []

Berita terkait
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa 2020 Kabupaten Kendal
Tagar menyajikan jadwal imsak, puasa puasa dan salat lima waktu selama Ramadan 2020 untuk Kabupaten Kendal.