10 Khasiat Tanaman Sereh untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Rasa Cemas

Sereh juga merupakan sumber antioksidan dan sifat antimikroba yang hebat, dan juga menurunkan peradangan dalam tubuh.
10 manfaat sereh untuk kesehatan tubuh ( Foto: Tagar/Freepik)

TAGAR.id, Jakarta - Sereh merupakan tanaman yang sering digunakan untuk menjadi bumbu masakan. Sereh juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sereh juga merupakan sumber antioksidan dan sifat antimikroba yang hebat, dan juga menurunkan peradangan dalam tubuh. Selain itu, sereh juga kaya akan vitamin dan mineral. 

Salah satu cara yang paling populer untuk mengosumsi sereh adalah teh sereh. Namun apakah anda tau bahwa tanaman satu ini mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan?. Berikut beberapa manfaat sereh yang baik untuk kesehatan tubuh kita diantaranya:


1. Membantu Pencernaan

Sereh mengandung zat yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Oleh karena itu, pada pengobatan tradisional sereh kebanyakan disajikan setelah makan malam. Sereh telah digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina seperti kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.


2. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.


3. Membantu Mengurangi Kadar Kolestrol

Secara tradisional sereh digunakan untuk mengatasi kolestrol dan penyakit jantung. Sebuah penelitian dilakukan untuk meneliti manfaat sereh, ditemukan bahwa mengosumsi sereh mampu mengurangi kadar kolestrol.


4. Membantu Memelihara Kesehatan Rambut

Sereh adalah tanaman yang kaya vitamin A dan C, yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut. Konsumsi teh sereh secara teratur dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok.


5. Mengatasi Obesitas

Teh sereh digunakan sebagai detoks untuk meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian pada tahun 2013 kandungan senyawa polifenol dan kandungan kafein pada sereh, meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga nantinya bermanfaat untuk menurunkan berat badan.


6. Meredakan Sakit Saat Datang Bulan

Kandungan anti inflamasi didalam sereh mampu mengurangi rasa sakit akibat peradangan selama menstruasi. menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, minyak sereh bermanfaat untuk membantu mendinginkan tubuh. 

Karena teh sereh dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mereka mengenai kosumsinya. Demikian pula, wanita hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari sereh karena cara kerja senyawa kimia tertentu.


7. Membantu Menangkal Kanker

Kandungan citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa sel kanker. Beberapa komponen sereh membantu melawan kanker. Penelitian menemukan bahwa citral meningkatkan imunitas sehingga tubuh kita mampu melawan kanker itu sendiri. Informasi tambahan teh sereh kadang – kadang digunakan sebagai terapi tambahan selama periode kemoterapi dan radiasi, namun pastikan untuk mengkonsultasikan dahulu dengan dokter anda.


8. Membantu Mengurangi Rasa Cemas

Aroma sereh yang menenangkan, sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi stress dan kecemasan. Minyak astiri sereh dapat menstimulasi saraf dan menenangkan pikiran anda. Banyak penelitian mendukung bahwa minyak astiri sereh mampu mengurangi stress dan perasaan cemas. Tidak jarang orang menggunakan minyak sereh dalam produk spa ataupun pengharum ruangan alami.


9. Dapat Meredakan Rasa Sakit Kepala dan Migrain

Menurut peneliti di Australia, sereh dapat membantu meredahkan rasa sakit akhibat sakit kepala maupun migrain. Didalam sereh ditemukan senyawa eugenol yang dipercaya efeknya menyerupai aspirin. Eugenol dianggap mencegah trombosit darah menggumpal, dan juga melepaskan seratonin. Seratonin adalah hormon yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.


10. Membantu Meredakan Flu dan Pilek

Sereh memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu anda mengatasi pilek, batuk, dan flu. Sereh juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kekebalan tubuh anda. 

Rebus sebatang sereh bersama beberapa buah cengkeh, dan daun teh, ramuan sederhana ini mampu mengurangi dahak yang menggumpal. Minuman hangat ini juga membantu anda jika anda sedang pilek atau flu.

Inilah beberapa manfaat sereh untuk kesehatan tubuh kita, yang bisa kita dapatkanndengan mudah, menggunakan tanaman herbal sebagai obat obatan merupakan hal yang lebih baik karena tidak menimbulkan efek samping seperti obat kimia.[]


(Haykal)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Daun Binahong yang Kaya Khasiat
Binahong adalah tanaman merambat. Secara internasional, daun ini disebut heartleaf maderavine madevine karena bentuknya seperti tanda love
Ragam Khasiat Minyak Arga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
Mendengar kata minyak argan, mungkin sebagian masih asing. Minyak argan berasal dari pohon argan yang banyak ditemui di Maroko.
Wah! Ternyata Ini Khasiat Infused Water Lemon Bagi Kesehatan
Infused water lemon merupakan salah satu jenis minuman “kekinian” yang telah banyak dikenal oleh masyarakat umum. Berikut khasiatnya.
0
Investasi Sosial di Aceh Besar, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana
Lahirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan fondasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Mensos.