Mobil Ramah Lingkungan, Tapi Hilangkan Jutaan Pekerjaan

Kehadiran mobil listrik memang merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang yang penasaran dengan teknologi yang dibawanya.
Ilustrasi - Mengisi ulang mobil listrik. (Foto: Tagar/Unplash/Chuttersnap)

Jakarta – Kehadiran mobil listrik memang merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang yang penasaran dengan teknologi yang dibawanya serta dengan adanya mobil ramah lingkungan ini dapat memberikan solusi juga terhadap lingkungan, yang akan membuat lingkungan yang bersih serta bebas emisi.

Di masa yang akan datang, Pabrikan Otomotif secara perlahan juga akan menghentikan produksi mobil yang masih menggunakan mesin pembakaran internal. Sebagai gantinya, produsen Otomotif tersebut menawarkan kendaraan listrik mereka ke para konsumennya.

Seperti Jepang, yang merupakan salah satu negara yang paling gencar mempromosikan mobil listrik mereka untuk mengurangi emisi karbon. Bahkan, Jepang juga sudah menargetkan elektrifikasi penuh pada tahun 2050 mendatang.

Menurut Toyota, dengan adanya target tersebut akan mengakibatkan pengurangan jutaan tenaga kerja di negara tersebut. Karena menurutnya, ambisi pemerintah Jepang untuk mencapai netralitas karbon bisa mengakibatkan kelumpuhan industri manufaktur.

Tentu dengan hadirnya mobil listrik yang menggunakan tenaga baterai tersebut dapat mengurangi emisi karbon yang sudah mencemari lingkungan. Walaupun membawa efek positif yang terbilang tidak sedikit, namun dapat juga memberikan sejumlah efek negatif.

Dengan dihapusnya kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran internal akan memberikan dampak yang akan lebih terasa pada hilangnya pekerjaan. Seperti mekanik, toko penjualan suku cadang mesin mobil atau aftemarket, dan lainnya.

Sebagai informasi, menurut Motor anda Equipment Manufacturers Association, industri suku cadang di Amerika Serikat telah mempekerjakan sekitar 5 juta orang serta menyumbang 2,5 persen dari PDB. Diprediksi, jika semua kendaraan beralih ke kendaran listrik akan mengakibatkan banyaknya karyawan yang kehilangan pekerjaan mereka.

sejumlah negara seperti Ford, Volkswagen, Audi, Mercedes-Benz, dan Hyundai sudah menyiapkan rencana untuk melakukan peralihan terhadap mobil dengan mesin pembakaran internal ke mobil dengan tenaga listrik dalam beberapa tahun kedepan.

Namun, Ada sejumlah negara juga yang sudah melarang penggunaan mobil bensin. Seperti Norwegia, negara tersebut akan bebas dari mobil dengan bahan bakar bensin pada tahun 2022 mendatang.

Memang peralihan ke kendaraan listrik tidak akan selesai dalam waktu yang cepat. Mobil dengan mesin pembakaran internal juga akan tetap dijual beriringan dengan peralihannya ke kendaraan listrik.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Harga BBM Terus Meroket Bikin Warga AS Lirik Mobil Listrik
Harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus melesat membuat banyak warga AS frustrasi dan memusingkan pemerintahan Presiden Joe Biden
Sebelum Perjalanan Jauh, Perhatikan Hal Ini pada Mobil!
Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, kamu harus memperhatikan hal berikut sebelum perjalaan.
5 Tips Sebelum Membeli Asuransi Mobil yang Tepat
Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil.
0
Mobil Ramah Lingkungan, Tapi Hilangkan Jutaan Pekerjaan
Kehadiran mobil listrik memang merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang yang penasaran dengan teknologi yang dibawanya.