Sebelum Perjalanan Jauh, Perhatikan Hal Ini pada Mobil!

Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, kamu harus memperhatikan hal berikut sebelum perjalaan.
Ilustrasi - Sedang mengecek mesin. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, misalnya untuk mudik atau traveling ke tempat wisata yang jauh dari rumah, selain persiapan fisik untuk supir, kalian juga harus mengecek kondisi mobil agar terhindar dri bahaya.

Maksimal sehari sebelum perjalanan lakukan pengecekan pada mesin dan interior mobil serta ban mobil. Bahkan lebih baik lakukan service terlebih dahulu agar lebih aman dan mobil yang di bawa juga nyaman. Berdasarkan laman Auto2000, berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan pada mobil sebelum melakukan perjalanan jauh.


1. Air Radiator

Pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservior sampai batas level, tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi pada selang radiato dan selang penghubung reservior. 

Segera ganti jika ditemui kondisi selang yang menggelembung atau retak. Pastikan juga selang yang disambungkan ke mesin cukup kencang dan tidak ada kebocoran.


2. Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Pastikan juga filter bensin tidak tersumbat.


3. Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara mengeceknya adalah dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, serta harus sedikit dibawah garis level F.


4. Putaran AC

Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Jika kondisinya retak, segera ganti. Cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. Untuk mengetahui apakah pendingin mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. 

Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas, namun masih aman. Tapi jika lebih dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.


5. Rem

Periksa level minyak rem, jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai dengan adanya kemungkinan kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang dan master rem. Perhatikan juga apakah ada basah di bagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda.


6. Saringan Udara

Air filter atau saringan udara sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.


7. Ban

Periksa kondisi ban secara fisik dan tekanan ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-40 psi.


8. Lampu

Cek secara keseluruhan kondisi lampu pada mobil. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal.


9. Wipper

Wipper sangat berguna sekali ketika berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal.

(Syva Tri Ananda)



Berita terkait
Mau Mobil Secara Tunai? Pastikan 3 Hal Ini Terpenuhi
Kalau Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil secara tunai, pastikan terlebih dulu. Simak penjelasnnya.
Masih Ragu? Inilah 5 Keunggulan Membeli Mobil secara Tunai
Kalau kredit mobil Anda dinyatakan gagal bayar, bank atau perusahaan leasing dapat menyita mobil itu untuk dijual kembali.
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
0
Sebelum Perjalanan Jauh, Perhatikan Hal Ini pada Mobil!
Bagi kamu yang berencana melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, kamu harus memperhatikan hal berikut sebelum perjalaan.