Mobil Ambulance Antar Jenazah Terjebak Banjir di Aceh

BPBD Aceh Tamiang, menjemput dan mengevakuasi jenazah warga Kecamatan Tenggulun dari mobil ambulance yang terjebak banjir.
Proses evakuasi jasad Sugiem menggunakan perahu karet milik BPBD Aceh Tamiang, Minggu, 13 Desember 2020. (Foto: Tagar/BPBD Aceh Tamiang).

Aceh Tamiang - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, menjemput dan mengevakuasi jenazah warga Kecamatan Tenggulun dari mobil ambulance yang terjebak banjir.

Seluruh rumah di Dusun II Kermal sedang terendam banjir, termasuk rumah korban.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang, Diwan Syahputra mengatakan, jenazah Sugiem terpaksa dijemput petugas BPBD menggunakan perahu karet ke lokasi mobil ambulance yang terjebak banjir.

"Ambulance hanya sampai di Desa Rimba Sawang, yang masih berjarak kurang lebih dua kilometer lagi dari Desa Simpang Kiri, karena jalanan terputus oleh banjir," kata Diwan, Minggu, 13 Desember 2020.

Selanjutnya, kata Diwan, jenazah Sugiem oleh pihak BPBD juga tidak dibawa ke rumah duka, namun hanya dibawa ke masjid Desa Simpang Kiri, dan proses fardu kifayah juga dilakukan di masjid.

"Sebab, seluruh rumah di Dusun II Kermal sedang terendam banjir, termasuk rumah korban," kata Diwan.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Tamiang Muhammad Husni menambahkan, untuk proses fardhu kifayah terhadap korban yang meninggal itu dilaksanakan di masjid Desa Simpang Kiri.

"Jadi, jenazah almarhumah harus kami jemput dan evakuasi terlebih dahulu di Desa Rimba Sawang ke masjid desa setempat, dan kebetulan masjid itu tidak terendam banjir," kata Husni.

Usai dilakukan proses fardhu kifayah, jenazah Sugiem langsung dilakukan pemakaman di tempat pemakaman umum di Dusun Kermal desa setempat, yang sebagian TPU itu juga terendam banjir.

"Namun untuk jasad almarhumah di kebumikan di lokasi yang agak tinggi, yang tidak tergenang air. Proses membawa jenazah ke TPU menggunakan perahu karet milik BPBD," katanya.

Seperti diketahui, Dusun II Kermal Desa Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun hampir seluruh rumah warga di sana tergenang banjir. Bahkan ketinggian air mencapai 60 hingga 100 sentimeter. []

Berita terkait
Banjir Landa Aceh Tamiang, Ribuan Warga Mengungsi
Banjir melanda lima desa di Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. 2.608 warga mengungsi.
Warga Sumut Sembilan Bulan Dikubur di Septic Tank di Aceh
Polres Bener Meriah akhirnya menemukan jenazah Darwin Sihotang warga asal Medan yang terbunuh di Aceh.
Banjir Kali Lamong Gresik Jatim, 1 Warga Ditemukan Meninggal
Banjir menerjang sejumlah desa di tiga kecamatan, yakni Benjeng, Cerme, dan Balong Panggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.