Misteri Angka 7 dan Keunikannya

Secara tidak langsung, India mempunyai andil penting dalam evolusi angka yang nantinya disebarluaskan oleh negara Timur Tengah.
Ilustrasi Angka 7 (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Tahukah bahwa mengapa angka tujuh Angka di tengah-tengah angka 6 dan sebelum angka 8 itu? Nah, pernah gak sih kamu terpikirkan kenapa ada orang yang menulis angka tujuh dengan garis di tengah namun ada juga orang yang menulis tanpa garis tengah?

Tahukah kamu kalau angka-angka yang sudah dipakai oleh masyarakat sekarang merupakan angka yang berasal dari India?

Secara tidak langsung, India mempunyai andil penting dalam evolusi angka yang nantinya disebarluaskan oleh negara Timur Tengah.

Bingung ya? Jadi gini, awal mulanya Babylonia dan Maya membentuk sistem bilangan yang masih sangat rumit dan kurang efisien. Ditambah belum terbentuknya bilangan nol (0) dalam sistem bilangan mereka.

Maka dari itu, India membuat sendiri bilangan atau notasi khusus pada masing-masing bilangan satu sampai sembilan. Awalnya, bilangan India belum sempurna karena masih menggunakan tanda tertentu (tanda kha) di antara bilangan lain untuk menuliskan bilangan nol.

Tidak dapat dipungkiri, angka tujuh adalah salah satu angka istimewa. Angka 7 diidentik dengan "penciptaan". Angka ini memiliki keistimewaan dalam berbagai rutinitas ibadah, alam semesta, dan juga sejarah.


Inilah lima ke unikan angka 7

1. Tanda Bahaya berbunyi 7 kali. Ketika terjadi bahaya di pelayaran, biasanya sirine atau alarm berbunyi sebanyak 7 kali. Berarti itu tandanya ada bahaya. Bila kamu menelepon teman kamu atau nomor siapa saja yang tidak menggunakan nada sapa, akan ada 7 kali bunyi tuut sampai akhirnya panggilan kamu di hentikan karena tidak ada jawaban.


2. Di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause.


3. Di Amerika Kuno. Kesakralan angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin.


4. Di Ilmu Pengetahuan. Dalam Ilmu pengetahuan, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya.


5. Ada kebiasaan di beberapa kebudayaan di Indonesia yang menggunakan angka 7 ini dalam berbagai ritual seperti Mandi Kembang 7 Rupa atau Kembang 7 Taman lalu ada lagi Minum Air 7 Sumur.


Bagaimana dengan misteri angka 7 dan keunikannya, manarik bukan?[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Fakta Unik Artis Cantik Anya Geraldine
Anya juga dikenal pekerja keras. ia membeli semua apa yang ia punya sekarang dari hasil keringatnya sendiri
Fakta Unik Tentang Enzy Storia
Enzy Storia merupakan presenter yang juga memerankan beberapa FTV dan sinetron. Dengan wajah yang awet muda, tak heran banyak penggemar .
5 Fakta Unik Koala, Hewan Menggemaskan yang Hobi Tidur
Koala juga pandai berenang, hewan ini dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 18 mil per jam.
0
Misteri Angka 7 dan Keunikannya
Secara tidak langsung, India mempunyai andil penting dalam evolusi angka yang nantinya disebarluaskan oleh negara Timur Tengah.