UNTUK INDONESIA
Miris, 1 Masjid di Padang Tak Punya Hewan Kurban
Satu Masjid di Kota Padang tidak menyembelih hewan kurban. Sebab, tidak ada masyarakat yang berpartisipasi untuk berkurban.
Masjid Darussalam yang terletak di Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Momentum hari raya Idul Adha 1441 Hijriah akan menjadi hari bersejarah bagi pengurus Masjid Darussalam di Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Sebab, tak satu pun hewan yang akan disemblih pada hari raya kurban tahun ini.

Memang tak banyak, tapi ada. Nah yang terjadi sekarang sama sekali tidak ada.

Pengurus Masjid Darussalam, Elmi Yanti, 58 tahun, mengatakan, perayaan Idul Adha tanpa hewan kurban ini merupakan kali pertama terjadi di masjid itu. Alasannya karena tidak ada jemaah di sekitar masjid yang berpartisipasi untuk berkurban.

"Mereka tidak berpartisipasi karena imbas dari pandemi Covid-19. Banyak jemaah atau masyarakat yang merasa tidak sanggup mengeluarkan biaya untuk berkurban," kata Elmi saat ditemui Tagar, Kamis, 30 Juli 2020.

Biasa setiap tahun, kata Elmi, selalu ada masyarakat yang berkurban di Masjid Darussalam. Paling tidak ada sekitar 3 hingga 5 ekor sapi yang disemblih setiap hari raya kurban.

"Memang tak banyak, tapi ada. Nah yang terjadi sekarang sama sekali tidak ada," katanya.

Selain karena faktor pandemi Covid-19, keberadaan masjid yang berada di pinggir jalan tersebut juga berdekatan dengan masjid lainnya. Dia menduga, banyak masyarakat setempat yang memilih berkurban di masjid lain atau di kediaman sanak saudaranya.

"Bisa jadi karena itu, karena secara jumlah, masjid ini bisa menampung setidaknya hingga 300 jemaah dalam kondisi penuh," katanya.

Elmi yang telah menjadi pengurus masjid sejak 5 tahun terakhir, juga tidak bisa menjamin akan ada pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha tahun depan. Namun, sejumlah langkah telah diambilnya untuk mengantisipasi hal tersebut. Seperti menggelar julo-julo (arisan) kurban bagi masyarakat setempat. []

Berita terkait
Alasan Warga Padang Tusuk Tetangga dengan Pisau
Pelaku penusukan tetangga di Padang mengaku kesal karena korban dinilai sudah semena-mena.
Jemaah Naqsabandiyah di Padang Sudah Lebaran Haji
Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang telah melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.
Keponakan Dimarahi, Warga Padang Tusuk Tetangga
Seorang pria di Padang nekat menusuk tetangganya karena tidak terima keponakannya dimarahi.
0
Miris, 1 Masjid di Padang Tak Punya Hewan Kurban
Satu Masjid di Kota Padang tidak menyembelih hewan kurban. Sebab, tidak ada masyarakat yang berpartisipasi untuk berkurban.