Jemaah Naqsabandiyah di Padang Sudah Lebaran Haji

Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang telah melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.
Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang menggelar salat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis, 30 Juli 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Padang - Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat, telah melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis, 30 Juli 2020. Mereka lebih cepat sehari dari ketetapan pemerintah yang akan melangsungkan hari raya kurban pada Jumat, 31 Juli 2020.

Jemaah yang datang didominasi berasal dari Kota Padang terutama di kawasan Pauh.

Ratusan jemaah Naqsabandiyah itu menggelar salat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur yang berada di Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang Erizon Revindo mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha berdasarkan perhitungan seperti biasanya. Pelaksanaan salat sudah bisa dipastikan jauh hari sebelumnya.

"Dasar perhitungannya berdasarkan hisab rukyat. Patokannya adalah pada 1 Ramadan jatuh pada waktu tertentu maka Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah pun mengikut," katanya kepada wartawan, Kamis, 30 Juli 2020.

Menurutnya, jemaah Naqsabandiyah telah melaksanakan rapat dalam penentuan hari-hari besar Islam. Rapat berlangsung di Surau Baru, lalu jadwalnya ditetapkan dengan perhitungan yang konstan atau telah ditetapkan.

"Jemaah yang datang didominasi berasal dari Kota Padang terutama di kawasan Pauh. Tapi ada juga yang dari daerah tetangga seperti Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok," katanya.

Dalam hari raya Idul Adha tahun ini, pihaknya dilaporkan memotong tiga ekor sapi. Pemotongan hewan akan dilaksanakan setelah salat dan nantinya akan dibagikan ke jemaah sekitar.[]



Berita terkait
Keponakan Dimarahi, Warga Padang Tusuk Tetangga
Seorang pria di Padang nekat menusuk tetangganya karena tidak terima keponakannya dimarahi.
Semen Padang Tak Ikuti PSMS Kumpulkan Pemain Liga 1
Semen Padang FC tak akan mengikuti PSMS Medan yang getol mengumpulkan pemain Liga 1. Skuat Semen Padang sudah cukup mumpuni mengarungi Liga 2.
Tak Kapok, Wanita di Padang Panjang Pakai Sabu Lagi
Wanita di Padang Panjang tertangkap tangan sedang memakai sabu di rumahnya. Wanita tersebut residivis kasus yang sama.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.