Menyesal Lambat Wisuda, Hasmin Pasang Toga di Nisan Ayah

Tak di hadiri ayah saat wisuda, mahasiswa di Makassar pasang toga di nisan sang ayah. Ini kisahnya.
Hasmin Sulaiman saat memasangkan toga di nisan sang ayah. (Foto: Tagar/ist)

Makassar - Kisah haru menyelimuti Hasmin Sulaiman, salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH-UMI) yang sempat menunda wisudanya pada periode I, namun saat mengikuti wisuda periode II sang ayah tak sempat mengikuti momen bahagia dikarenakan menghadap sang ilahi pada September 2020.

Saya sangat menyesal atas pengunduran diri yang mengakibatkan, ayah saya tidak dapat lagi menyaksikan dan hadir di hari wisudaku.

Hasmin sangat menyesal atas pengunduran dirinya saat pelaksanaan wisuda periode I, yang mengakibatkan sang ayah yang tak sempat menemani di momen bahagia.

"Saya sangat menyesal atas pengunduran diri yang mengakibatkan, ayah saya tidak dapat lagi menyaksikan dan hadir di hari wisudaku," ujarnya.

Usai mengikuti wisuda periode II, ia bergegas menuju makam sang ayah yang tak jauh dari rumahnya. Sesampai di makam sang ayah, ia langsung memegangi batu nisan dan memasangkan toga di batu nisan.

"Saya telah niatkan, jika saya selesai wisuda, saya akan langsung ke kuburan almarhum ayah untuk menyampaikan rasa terima kasih atas perjuangan selama ini, hingga saya bisa menyandang gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum UMI," tambahnya.

Ia mengungkapkan, pada wisuda periode I bulan Juni dirinya mengundurkan diri dikarenakan tidak mau mengikuti wisuda secara online, Ia berharap kedua orang tuanya bisa hadir dan mengikuti wisuda secara offline.

"Harapannya saat periode kedua sudah bisa offline dan mengajak orang tua untuk ikut wisuda. Tapi takdir berkata lain dan kegiatan wisuda tetap berlangsung secara online," jelasnya. []

Berita terkait
Suasana UNS Surakarta Gelar Wisuda Setelah Berstatus PTN BH
UNS perdana dalam secara menggelar wisuda setelah kampus berstatus PTN badan hukum. Sebanya 1.474 mahasiswa diwisuda secara daring.
Kisah Musawir, Wisuda Sambil Rawat Ibunya yang Sakit
Musawir Da’i mahasiwa jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar wisuda di samping ibundanya yang sedang sakit.
Aksi Nyeleneh Dua Wisudawan ISI Yogyakarta Bikin Ngakak
Dua mahasiswa ISI Yogyakarta yang nyeleneh saat wisuda bikin ngakak. Aksinya yang diunggah lewat platform TikTok ini pun viral.
0
Nadiem: Sekolah Tatap Muka Mulai Juli, Tak Ada Kompromi
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim akan membuka pembelajaran di sekolah dengan skema tatap muka mulai Juli 2021.